Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Serat optik

Ilustrasi Serat optik

Surge Targetkan Jaringan Serat Optik sepanjang 2.800 km Selesai Akhir Tahun

Jumat, 10 September 2021 | 15:36 WIB
Parina Theodora

Jakarta - Perusahaan konektivitas infrastruktur digital PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) melalui anak usahanya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), menggandeng perusahaan infrastruktur telekomunikasi PT Prasetia Dwidharma dan perusahaan infrastruktur perkeretaapian PT Sarida Utama. Konsorsium ini untuk mengakselerasi proyek infrastruktur jaringan serat optik berkapasitas besar di sepanjang rel kereta api di Pulau Jawa.

Prasetia dan Sarida menjadi partner dalam proyek pada fase penggelaran jaringan serat optik Weave yang segera memasuki fase selanjutnya, di luar ruas Jakarta-Cikarang-Bandung dan Jakarta-Bogor. Sedangkan proyek yang hampir rampung, yakni ruas Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Dengan pengalaman serta kapasitas yang dimiliki konsorsium Prasetia dan Sarida, Surge optimistis rencana untuk penyelesaian keseluruhan jaringan serat optik sepanjang 2.800 km ini dapat di akselerasi sebelum akhir tahun 2021.

CEO Surge Hermansjah Haryono menyatakan setelah pihaknya merampungkan ruas Jakarta-Cikarang-Bandung, dan Jakarta-Bogor sepanjang total 180 km pada September 2021, pihaknya akan fokus pada penyelesaian ruas-ruas lainnya, yakni; Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, sampai Jawa Timur.

“Kami optimis jaringan serat optik ini dapat selesai pembangunannya sesuai rencana pada tahun ini, yang secara paralel akan mempercepat transformasi digital para UMKM dan startup maupun pemerataan ekonomi digital di Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkann keberadaan serat optik Surge yang berada di sepanjang rel kereta api akan sangat mendukung Edge Data Center (EDC) dengan konektivitas berkualitas, berkecepatan tinggi, handal, dan minim gangguan.

Untuk diketahui, sejak akhir 2019, Surge melalui Weave memulai pembangunan serat optik 144 core di sepanjang rel kereta api milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) sepanjang 2.800 km, atau lebih dari 580 stasiun yang terletak di 9 daerah operasional PT KAI. Pengembangan tersebut didesain untuk meningkatkan jaringan infrastruktur data yang sangat cepat, stabil dengan latency yang rendah di pulau Jawa yang dapat memfasilitasi konektivitas internet dengan kapasitas bandwidth sangat besar.

 

 

Editor : Parina Theodora (theo_olla@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN