Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo  Johnny G Plate menunjukkan dukungan terhadap MoU SP4N LAPOR!. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate menunjukkan dukungan terhadap MoU SP4N LAPOR!. (IST)

Kemkominfo Perkuat SP4N LAPOR! dengan Dukungan Teknis

Jumat, 10 September 2021 | 16:10 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkomitmen untuk memberikan dukungan dalam penguatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) dengan dukungan teknis.

Menkominfo  Johnny G Plate mengatakan, dukungan dalam pengelolaan aplikasi aduan layanan publik berbasis elektronik itu mencakup pemanfaatan teknologi informasi dan penguatan komunikasi publik.

“Melalui memorandum of understanding (MoU)  ini, Kemkominfo berkomitmen terus memberikan dukungan teknis melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan dan implementasi SP4N LAPOR!” ujar Johnny, dalam Penandatanganan MoU SP4N LAPOR! yang berlangsung virtual, dikutip Jumat (9/9).

Selain dukungan pemanfaatan teknologi informasi, Kemkominfo akan terus memperkuat komunikasi publik melalui sinergi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

“Tujuannya guna meningkatkan kesadaran, pemahaman, serta partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan SP4N LAPOR! sebagai aplikasi pengaduan pelayanan publik berbasis elektronik yang terintegrasi,” jelasnya.

Menkominfo melanjutkan, pengelolaan sistem elektronik, tata kelola pelindungan data pribadi, dan keamanan siber atas sistem tersebut juga perlu mendapatkan perhatian yang serius.

Menurut dia, SP4N LAPOR! merupakan upaya nyata guna meningkatkan akses dan kualitas pelayanan digital bagi masyarakat, termasuk dalam pelaporan pelayanan publik berbasis elektronik.

“Penguatan kolaborasi melalui penandatanganan MoU ini merupakan satu langkah maju menuju transformasi digital yang terus diupayakan percepatannya oleh pemerintah,” ungkap Johnny.

Sejak ditetapkan pada 2015, SP4N LAPOR! merupakan aplikasi pengaduan layanan publik satu pintu yang terintegrasi secara nasional. Melalui  Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), SP4N LAPOR! kini menjadi  bagian dari SPBE.

“Penerapan pengaduan pelayanan publik berbasis elektronik bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan publik,” jelas Menkominfo.

Dia menilai, SP4N LAPOR! merupakan bagian dari percepatan penerapan SPBE. Karena itu, Kemkominfo senantiasa memberikan dukungan terhadap pengembangan SP4N LAPOR! sejak tahun 2020.

“Dan, ini akan terus kami lanjutkan. Nota Kesepahaman yang ditandatangani ini merupakan bentuk penguatan kerja sama antar lembaga pemerintah,” tandasnya.

Penguatan

Dalam MoU yang ditekan tahun 2016, SP4N LAPOR! melibatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI. Tahun ini, MoU juga melibatkan Kementerian Dalam Negeri dan Kemkominfo.

“Penandatanganan MoU ini kemudian menegaskan kembali dukungan yang diberikan Kemkominfo terhadap SP4N LAPOR!” ujar  Johnny.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD pun memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada menteri dan pimpinan lembaga negara yang telah mencapai kesepakatan melalui MoU SP4N LAPOR!

“MoU ini memiliki nilai yang strategis karena merupakan perwujudan konkrit dalam merealisasikan kebijakan yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari mana dan jenis apa pun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menangganinya,” pungkas Mahfud.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN