Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif . (Herman/B1.com)

Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif . (Herman/B1.com)

Dimulai 2022, Palapa Ring Integrasi Butuh Anggaran Rp 8 Triliun

Selasa, 14 September 2021 | 19:30 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id - Badan Aksesiblitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika akan segera memulai proyek Palapa Ring Integrasi pada 2022. Pada fase 1 mencapai sepanjang 5.226 kilometer, sedangkan fase 2 di 2023 sejauh 6.857 kilometer.

Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif menjelaskan, Palapa Ring Integrasi akan menghubungkan ketiga jaringan Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur agar semakin andal dan berkualitas. Integrasi tersebut juga akan memperkuat ketahanan ketika terjadi kendala pada salah satu jaringan.

“Kami sudah melakukan studi awal terkait Palapa Ring Integrasi ini. Panjang kilometernya mendekati Panjang Palapa Ring jilid pertama yaitu sekitar 12.000 kilometer. Investasinya juga hampir mendekati, kira-kira Rp 8 triliun,” kata Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif dalam webinar "Apa Kabar Tol Langit?", Selasa (14/9/2021).

Anang mengakui, pembiayaan untuk proyek tersebut sulit apabila hanya mengandalkan pemerintah. Sehingga akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Dengan melihat keberhasilan proyek Palapa Ring pertama, Anang meyakini banyak investor yang berminat mendanai proyek Palapa Ring Integrasi.

“Kalau itu (Palapa Ring integrasi) diluncurkan tahun depan, kita akan memulai segera proyek ini, sehingga proses diskusi pembiayaan tidak akan berlarut-larut seperti yang pertama. Kalau dulu hampir 6 bulan kita menghabiskan waktu. Kalau yang sekarang, karena kita sudah mendapat kepercayan dari proyek sebelumnya, itu akan lebih cepat,” ujarnya.

Anang menegaskan, dalam Palapa Ring Integrasi ini, nantinya akan ada pembangunan yang tujuannya mengintegrasikan ketiga paket Palapa Ring yang sudah ada.  Ketika semua paket Palapa Ring sudah terintegrasi, utilisasi Palapa Ring diyakini akan meningkat.

“Tujuan awalnya sebenarnya meningkatkan resiliensi kalau terjadi gangguan jaringan karena masih mendapatkan backup dari jaringan Palapa Ring Integrasi. Dan secara keseluruhan akan meningkatkan utilisasi dari jaringan Palapa Ring yang sudah ada,” jelas Anang.

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN