Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Telkom Tbk Ririek Adriansyah (tengah) saat konferensi pers kesiapan jaringan telekomunikasi untuk mudik Lebaran 2022 di Polairud Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (29/4/2022). (Foto: Investor Daily/eman).

Direktur Utama PT Telkom Tbk Ririek Adriansyah (tengah) saat konferensi pers kesiapan jaringan telekomunikasi untuk mudik Lebaran 2022 di Polairud Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (29/4/2022). (Foto: Investor Daily/eman).

Telkom Group Pastikan Keandalan Jaringan Selama Mudik Lebaran 2022

Sabtu, 30 April 2022 | 13:00 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- PT Telkom Tbk beserta anak usahanya Telkomsel terus berupaya memberikan layanan telekomunikasi yang maksimal dan handal bagi seluruh pemudik yang melakukan perjanan mudik Lebaran 2022.

Untuk itu, Telkom Group melakukan penambahan kapasitas jaringan, penambahan aktivitas BTS, upgrade jaringan, serta menyediakan posko layanan selama mudik. Pasalnya, Telkom mengidentifikasi terdapat 1177 Point of Interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami sudah mengidentifikasi ada 1177 POI yang merupakan rute perjalanan pemudik dan juga temapat-tempat yang mungkin dipakai untuk orang berkumpul, tempat wisata dan lainnya. Sehingga kami menambah kapasitas Base Tranceiver Station (BTS) di Telkomsel sebanyak 728 BTS. Dari sisi personil ada 88 posko di seluruh Indonesia yang kemudian melibatkan lebih dari 19 ribu karyawan,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom saat konferensi pers kesiapan jaringan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika di Polairud Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (29/4/2022).

baca juga: Menkominfo Apresiasi Operator Telko dalam Mendukung Arus Mudik Lebaran 2022

Menurut Ririek, tak hanya memberikan kayanan kepada masyarakat yang melakukab perjalan mudik, Telkom Gorup juga memberikan dan memastikan layanan yang handal untuk sektor pemerintahan dan juga perusahaan swasta yang memberikan layanan publik yang bersifat vital.

“Kami juga memberikan perhatian khusus kepada instansi pemerintah, dan juga beberapa perusahaan yang terlibat dengan pelayanan publik yang sifatnya vital selama liburan Lebaran ini. Sehingga, diharapkan semuanya dapat berjalan dengan lancar, terutama sampai dengan arus mudik balik nanti,” jelas Ririrk.

Perkuat Akses Broadband

Direktur Network Telkomsel Nugroho menambahkan, memasuki momen Ramadan 2022 lalu, Telkomsel sendiri telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, yang difokuskan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia, terutama jalur mudik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang diprediksi menjadi jalur paling padat di momen mudik Lebaran 2022.

“Telkomsel telah memastikan kesiapan akses jaringan telekomunikasi terutama broadband yang merata dan berkualitas guna menunjang aktivitas digital masyarakat di titik transportasi dan jalur mudik momen Lebaran 2022,” ungkap Nugroho.

Untuk jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah menambah sebanyak 516 unit BTS 4G/LTE baru dan mengoperasikan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE.

Sedangkan untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrade sebanyak 271 BTS 4G/LTE.

Tak hanya itu, selama momen Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2022 ini, Telkomsel telah memfokuskan pengamanan jaringan di 500 Point of Interest di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial (pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan), 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

baca juga: Mempercepat Perbaikan Jaringan Telekomunikasi

Upaya penguatan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomsel melalui peningkatan kapasitas di 872 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 688 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 60 unit COMBAT di seluruh wilayah POI RAFI 2022.

Selanjutnya, Telkomsel turut melakukan penambahan kapasitas jaringan sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node), sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi selama momen RAFI 2022 menjadi 10.032 Gbps.

Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps. Guna memastikan kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE bagi pelanggan, layanan VoLTE Telkomsel kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.

“Kami berharap, ketersediaan akses broadband Telkomsel yang optimal dan andal dapat terus membuka lebih banyak peluang kebaikan dan menguatkan semangat #SambungkanSenyuman bagi masyarakat di momen Hari Raya Idul Fitri 1443 H,” papar Nugroho.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN