Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan (Foto: Investor Daily/Eman)

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan (Foto: Investor Daily/Eman)

Blokir Dibuka, Pengguna Paypal Disarankan Migrasi

Minggu, 31 Juli 2022 | 14:09 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan, Paypal merupakan layanan keuangan yang telah diblokir. Karena layanan tersebut belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Tanah Air. Pemblokiran tersebut telah dilakukan sejak Sabtu (30/7/2022).

Meski demikian, per hari ini Minggu (31/7/2022), Kemenkominfo kembali membuka akses Paypal dengan pertimbangan supaya masyarakat Indonesia yang memiliki dana di platform tersebut untuk segera migrasi ke layanan keuangan lainnya di Indonesia, atau yang sudah terdaftar di PSE.

Advertisement

Akses tersebut sudah dibuka pukul 08.00 WIB, dan mulai pukul 10.00 WIB sudah bisa untuk melakukan migrasi. Kemenkominfo memberikan tenggat waktu selama 5 hari kerja, atau mulai 1 Agustus-5 Agustus 2022, untuk melakukan migrasi.

“Mendengar masukan dari masyarakat, khususnya aplikasi Paypal, kami membuka sementara per jam 08.00 WIB, dan jam 10.00 WIB sudah bisa dilakukan untuk migrasi. Dan kami harapkan, ini kami buka untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan migrasi, supaya uangnya tidak hilang, karena memang sampai saat ini Paypal tidak mendaftar sesuai dengan peraturan tentang PSE,” kata Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo melalui virtual conference, Minggu (31/7/2022).

baca juga: Belum Terdaftar, 10 PSE Bakal Diblokir Malam Ini

“Itu saya harapkan masyarakat benar-benar memanfaatkan waktu yang kita berikan 5 hari kerja. Manfaatkan untuk melakukan migrasi. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan, yang menurut saya bisa digunakan untuk migrasi. Kita sudah punya layanan digital untuk pembayaran. Silahkan migrasi,” tambah Semuel.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini diatur dalam PP No 71/2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Pemenkominfo No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dari 100 platform digital dengan trafik tertinggi di Indonesia untuk duluan mendaftar PSE Lingkup Privat, tinggal delapan yang masih absen hingga diblokir Kominfo. Mereka adalah Yahoo search engine atau mesin carinya, Steam, Dota2, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal.

Sementara itu, untuk PSE Steam, Dota2 dan CS GO, Semmy mengungkapkan, sudah ada koordinasi dan komunikasi. Ketiga platform tersebut dikatakan sedang memproses untuk pendaftaran.

“Kami sudah mengkontak, dan sekarang sudah korespondensi antara Steam, Dota2 dan CS GO, ini mereka menyatakan lagi memproses, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mereka sudah bisa melengkapi, sehingga masyarakat yang pengguna layanan segera dapat menggunakan kembali,” tambah Semmy.


 

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN