Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran fitur Mobile Application for Field Responder atau Aplikasi Mobile PT Jasnita Telekomindo Tbk.

Peluncuran fitur Mobile Application for Field Responder atau Aplikasi Mobile PT Jasnita Telekomindo Tbk.

Aplikasi Layanan Darurat 112 Jadi Solusi Smart City di Indonesia

Mashud Toarik, Rabu, 16 Oktober 2019 | 18:12 WIB

Jakarta, investor.id - PT Jasnita Telekomindo Tbk melalui anak perusahaannya, PT Esa Kreasi Negri telah membuat penambahan fitur baru,  Mobile Application for Field Responder atau Aplikasi Mobile. Layanan ini ditujukan bagi petugas OPD yang membantu pelayanan aplikasi Layanan Darurat 112.

Seremoni peluncuran fitur anyar ini dihadiri pejabat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), serta dan Walikota Semarang.

 “Melalui aplikasi ini, kami mengharapkan dapat membantu mempercepat program Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemkominfo, dalam penyelenggaraan pelayanan Panggilan darurat 112, juga membantu Pemerintah Daerah, baik Kota maupun Kabupaten dalam menyediakan layanan Darurat 112 yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kota atau Kabupaten tersebut, serta mendukung terwujudnya Smart City di kota-kota tadi,” papar Welly Kosasih, Wakil Direktur Utama PT Jasnita Telekomindo Tbk, dalam keterangan resminya, Rabu (16/10/2019).

PT Jasnita Telekomindo Tbk melalui anak perusahaannya, PT Esa Kreasi Negri menambah fitur layanan panggilan darurat 112 berbasis aplikasi mobile.
PT Jasnita Telekomindo Tbk melalui anak perusahaannya, PT Esa Kreasi Negri menambah fitur layanan panggilan darurat 112 berbasis aplikasi mobile.

Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dalam pengoperasian layanan panggilan darurat 112 baik bagi Petugas Call Taker, Dispatcher atau Field Responder.

Sementara bagi masyarakat, diharapkan dapat memudahkan dalam mengakses Panggilan Darurat 112 untuk menangani situasi tanggap darurat seperti kebakaran, kecelakaan, tindak kriminal dan gangguan-gangguan lain yang sering terjadi dengan cukup menekan Panic Button yang ada dalam smartphone mereka.

“Informasi lebih lanjut atas penggunaan aplikasi 112 dapat dilihat di jasnita.co.id/112/index.php .” ucap Welly.

Adapun adanya aplikasi tersebut merupakan langkah awal menuju Smart City Indonesia guna turut mengimplementasikan sejumlah strategi dalam era Revolusi  Industri 4.0., yang mengedepankan lebih banyak teknologi seperti AI dan Robotic.

Konsep Smart City dibangun berdasarkan 6 indikator dengan berlandaskan Cyber Security, yaitu Smart Connectivity, Smart Governance, Smart Services, Smart Automation, Smart Health, dan Smart Mobility. Dengan mengoptimalkan keenam indikator tersebut dan connectivity yang semakin berkembang, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup di masa depan, agar sejalan dengan pertumbuhan populasi di kota-kota besar di Asia yang diproyeksikan bertambah dua kali lipat hingga tahun 2030. 

Potensi pendapatan Smart City secara global diproyeksikan akan meningkat dari US$ 900 Miliar ditahun 2016 menjadi U$S 2 Triliun ditahun 2025 (source: UBS.com, March 2019).

“Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat dan permintaan yang kuat tersebut, PT Jasnita Telekomindo, Tbk., sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi meyakini dapat turut andil dalam melakukan ekspansi Smart City secara global.” tambah Welly.

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA