Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Arupa Cloud Desktop, solusi desktop berbasis cloud, mudah digunakan. (IST)

Ilustrasi Arupa Cloud Desktop, solusi desktop berbasis cloud, mudah digunakan. (IST)

Arupa Nusantara Hadirkan Cloud Desktop

Senin, 14 September 2020 | 09:16 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Arupa Cloud Nusantara menghadirkan Arupa Cloud Desktop, solusi desktop berbasis cloud fleksibel dan mudah digunakan. Solusi ini juga dilengkapi sistem keamanan berlapis untuk membantu perusahaan menjaga keamanan data dan meningkatkan produktivitas selama karyawan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Selain itu, Arupa Cloud Desktop (ACD) memberikan kemudahan dalam mengakses aplikasi maupun desktop melalui perangkat dengan sistem operasi apa pun, kapan pun, dan di mana pun. Ini hanya dilakukan melalui web browser pada desktop maupun laptop yang dimiliki oleh karyawan.

Direktur PT Arupa Cloud Nusantara Reza Kertadjaja mengatakan, dalam suasana pandemi Covid-19 yang tidak menentu seperti ini dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak daerah, perusahaan membutuhkan solusi yang tepat untuk karyawannya agar tetap dapat bekerja dengan produktif.

“Menggunakan ACD, pelaku bisnis tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang tinggi dan waktu untuk pengadaan alat, atau sistem yang lama ketika harus memobilisasi karyawannya, baik saat bekerja di kantor maupun WFH,” tutur Reza, dalam keterangannya, seperti dikutip Senin (14/9).

Menurut dia, ACD juga dapat digunakan untuk memonitor produktivitas kegiatan kerja karyawan selama WFH yang akan diterima dalam bentuk sebuah laporan (report). Pengusaha pun tidak perlu ragu lagi untuk dapat menjaga produktivitas kerja karyawannya.

Reza melanjutkan, beberapa waktu yang lalu, Badan Sandi Siber Negara (BSSN) telah mengungkap adanya serangan virtual sebanyak lebih dari 88 juta kasus di Indonesia selama pandemi Covid-19. Hal ini tentu harus diwaspadai oleh para pelaku usaha.

Namun, pengusaha tidak perlu lagi khawatir karena kehadiran ACD telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, mulai dari firewall, IDS/IPS, VPN, dan standar SSL Encryption yang akan memproteksi sistem bank daring (online banking) dan pembayaran yang aman (secure payment).

Dia menjelaskan bahwa ACD berdiri di atas infrastruktur cloud dari Zettagrid yang telah memiliki lokasi pusat data (data center) di Indonesia dengan sistem keamanan yang ketat.

Karena itu, pengusaha tidak perlu ragu terkait keamanan data perusahaannya. Selain itu, pengusaha tidak perlu memindahkan data, atau aplikasi perusahaannya. Karena, ACD dapat langsung terintegrasi dengan server perusahaan.

Hemat Internet

Selama WFH, kuota internet menjadi kebutuhan tambahan tersendiri bagi pelaku usaha maupun karyawan. Namun, dengan ACD, penggunaan kuota bisa menjadi lebih hemat.

Hal tersebut dikemukakan Johannes Saputra, IT project & development Chemstation Asia, yang telah menggunakan ACD sejak PSBB, Maret lalu. Chemstation Asia (CSA) merupakan salah satu perusahaan distributor bahan industri kimia yang terkemuka di kawasan Asia Tenggara.

“Arupa Cloud Desktop dapat menghemat kuota internet dari sisi karyawan. Karena, ACD ini diakses hanya melalui web browser, sehingga karyawan tidak perlu lagi membuka banyak aplikasi seperti solusi lainnya,” kata dia.

Dalam acara online talkshow bertajuk Zettagrid e-CloudTalk, belum lama ini, Johanes  juga menjelaskan bahwa ACD sangat mudah untuk digunakan oleh berbagai generasi. Karena itu, hanya dengan waktu training yang singkat, seluruh karyawan sudah dapat mengerti cara menggunakan ACD.

Ia pun menyampaikan, awalnya, manajemen Chemstation Asia hanya ingin menggunakan ACD selama 2-3 bulan saja selama PSBB. Namun, dengan banyaknya manfaat yang dirasakan, Chemstation Asia justru ingin mengembangkan kolaborasinya lebih lanjut dengan ACD.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN