Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Teknisi merawat BTS Indosaat Ooredoo. (IST)

Teknisi merawat BTS Indosaat Ooredoo. (IST)

Dukung PJJ, Indosat Siapkan Solusi API Gift Data

Jumat, 11 September 2020 | 07:32 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo telah menyiapkan platform Aplication Programming Interface (API) Gift Data untuk mendistribusikan kuota internet/data kepada para peserta didik dan pengajar guna menunjang kegiatan belajar-mengajar secara daring (online).

Platform tersebut merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pelanggan untuk membagikan kuota internet ke nomor-nomor IM3 Ooredoo lain melalui sebuah dashboard.

Langkah itu dilakukan karena perseroan mendukung akselerasi adaptasi digital di seluruh sektor kehidupan masyarakat Tanah Air, terurama di era pandemi Covid-19. Digitalisasi dan belajar secara di sektor pendidikan saat ini tak bisa dihindari, yang dijalankan melalui program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena mengatakan, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Republik Indonesia untuk memasuki era adaptasi kebiasaan baru, khususnya untuk mendukung program PJJ.

Menurut dia, API Gift Data Indosat Ooredoo dapat mengirimkan kuota data secara massive, seamless, dan fleksibel. API ini juga mendukung fitur automatisasi dan kustomisasi, yang akan memudahkan pengelolaan pengiriman kuota data sesuai kebutuhan setiap bulan.

“Kami yakin, platform itu akan efektif digunakan untuk penyaluran kuota internet kepada siswa-siswi serta guru agar pendidikan di Indonesia dapat terus berjalan,” kata Bayu, dalam keterangannya, Kamis (10/9).

Selain itu, lanjut Bayu, Indosat Ooredoo menjaga kapasitas jaringannya agar peserta didik dan para guru tetap dapat menjalankan proses pembelajaran dengan baik dan optimal.

Indosat Ooredoo Network Operating Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operating Center (ISOC) selalu menjalankan monitoring dan kontrol jaringan selama 24x7 jam secara real-time untuk memastikan pelanggan merasakan pengalaman digital terbaik.

“INOC dan ISOC akan meningkatkan percepatan penyelesaian kendala sekaligus menjadi pusat koordinasi, atau command center secara nasional,” ujarnya.

Indosat Ooredoo mengoperasikan sekitar 124.944 base transceiver station (BTS) hingga akhir semester I-tahun 2020, dengan sebanyak 52.776 unit di antaranya merupakan BTS 4G.

Jumlahnya bertambah 27.902 BTS 4G dibandingkan semester I-2019. Hal ini dilakukan Indosat Ooredoo untuk melayani kebutuhan digital masyarakat yang terus meningkat, terutama saat era adaptasi kebiasaan baru (new normal) berlangsung akibat pandemi Covid-19.

Digitalisasi

Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi adaptasi digital di seluruh sektor kehidupan masyarakat di Tanah Air. Pemerintah pun telah mengambil langkah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang pada akhirnya, membuat kegiatan sehari-hari lebih banyak dilakukan dari rumah dan secara daring.

Digitalisasi menjadi keharusan bagi masyarakat agar tetap bisa beraktivitas di era adaptasi kebiasaan baru. Hal ini juga tidak terkecuali untuk sektor pendidikan yang saat ini menerapkan PJJ dengan memanfaatkan teknologi internet.

Kesiapan teknologi komunikasi menjadi esensial untuk mengakomodasi kegiatan secara daring tersebut. Pemerintah pun mengakomodasi kebutuhan ini dengan rencana pemberian bantuan kuota internet untuk peserta didik dan pengajar.

Di satu sisi, pendistribusian kuota internet tersebut menjadi sebuah tantangan. Indosat Ooredoo pun memahami bahwa diperlukan sebuah solusi teknologi untuk membagikan kuota internet ke peserta didik dan pengajar secara masif dan simpel, dengan menyiapkan API Gift Data.    

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN