Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Indonesia Diprediksi Jadi Pusat Bisnis Online

Antara, Senin, 6 Februari 2012 | 17:20 WIB

DENPASAR - Indonesia diprediksi menjadi pusat bisnis online berbasis e-Commerce di dunia seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengakses internet.

"Kami yakin dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan menjadi pusat bisnis online di dunia. Apalagi sekarang banyak pemain baru yang berekspansi di sektor bisnis ini," kata Arnold Sebastian Egg, pendiri Tokobagus.com, dalam keterangan persnya di Denpasar, Senin.

Dengan mengutip data BPS, produk domestik bruto (PDB) Indonesia saat ini masih didominasi sektor minyak dan gas, sedangkan sektor internet baru 1,6 persen.

Hal itu bertolak belakang dengan peringkat pengakses internet di Indonesia yang berada pada posisi kelima di dunia di bawah Tiongkok, India, Brazil, dan Belanda.

"Namun yang menggembirakan, posisi Indonesia itu berada di atas Amerika Serikat yang notabene negara produsen piranti canggih di dunia," kata pemilik situs jual-beli online berbasis e-Commerce tersebut.

Oleh sebab itu, Arnold yakin Indonesia akan menjadi pusat bisnis online di dunia karena dari waktu ke waktu pertumbuhan pengakses internet sangat pesat, selain juga makin banyaknya pelaku bisnis di sektor tersebut.

Pengusaha muda yang sudah menetap di Indonesia selama 12 tahun itu juga sering kali memberikan kiat suksesnya menjadi pengusaha di bidang situs online.

"Untuk menjadi sukses pada bisnis ini, dengarkan user, tampung keinginan user, dan jaga hubungan dengan user. Bahkan, tampilan Tokobagus yang user friendly sekarang ini adalah salah satu contoh komitmen kami untuk menjaga hubungan dengan pelanggan," kata Arnold mengungkapkan.

Ia mengungkapkan bahwa dengan jumlah pengunjung yang mencapai 10 juta kunjungan per pekan itu jauh dibandingkan dengan jumlah pengunjung 14 mal besar di Jakarta yang rata-rata hanya dikunjungi 35 ribu pengunjung per hari.

"Ini sebuah potensi bisnis yang sangat besar. Buatlah konsumen memiliki pengalaman dan kesan yang baik saat mengunjungi toko anda. Itulah yang dilakukan Tokobagus sampai saat ini," kata Arnold.

Tokobagus.com merupakan situs jual beli online terbesar di Indonesia yang didirikan di Bali pada 2005 oleh Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. (tk/ant)

BAGIKAN