Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ruang Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC). (IST)

Ruang Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC). (IST)

Indosat dan Cisco Hadirkan Jaringan Transport SRv6

Selasa, 10 November 2020 | 21:33 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Indosat Ooredoo mengumumkan kesiapannya untuk mengimplementasikan 5G yang didukung dengan teknologi terbaru milik Cisco, yakni arsitektur jaringan Software-defined Networking (SDN) terkonvergensi dan Segment Routing IPv6 (SRv6).

Keduanya melanjutkan kerja sama yang telah berlangsung selama beberapa dekade terakhir untuk menghadirkan jaringan transport yang canggih di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Medhat Elhusseiny menyatakan kegembiraannya atas kerja sama dengan Cisco yang mendukung perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo untuk menghadirkan jaringan transport generasi baru yang bisa diprogram.

Didukung teknologi Software-Defined Network dan fungsi routing cerdas dari Segment Routing IPv6, jaringan Indosat Ooredoo akan siap untuk menyesuaikan kebutuhan masa depan dan mendukung otomatisasi operasional.

“Dengan hal ini akan terwujud simplifikasi jaringan dengan biaya optimal untuk memberikan layanan on-demand berkualitas tinggi dan latensi rendah untuk mendukung 5G, dan cloud computing dan IoT, untuk pelanggan segmen bisnis dan ritel di seluruh Indonesia,” ujar Medhat, dalam pernyataannya, Selasa (10/11).

President, Asia-Pacific and Japan, Cisco Service Provider Business, Sanjay Kaul, menyampaikan, bersama Indosat Ooredoo, pihaknya siap mengantarkan sebuah jaringan yang siap untuk 5G berdasarkan infrastuktur transport IP and SDN yang terkonvergensi serta dirancang untuk melampaui ekspektasi pelanggan segmen ritel dan bisnis.

“Fokus kami adalah memastikan Indosat Ooredoo memiliki fondasi yang kuat untuk menumbuhkan pendapatan, mengoptimasi biaya, dan memitigasi risiko,” tutur Sanjay.

Menurut dia, sejalan dengan transformasi digital yang semakin cepat di seluruh dunia, segmen pelanggan ritel dan bisnis akan merasakan keuntungan dari jaringan Indosat Ooredoo yang didukung teknologi SDN terkonvergensi dan Segment Routing IPv6 dari Cisco.

Simplifikasi Jaringan

Transformasi jaringan transport SDN terkonvergensi akan mewujudkan simplifikasi jaringan, mengoptimalkan kapasitas, serta meningkatkan skalabilitas jaringan, dengan menjaga latensi jaringan secara konsisten dan unggul bagi pelanggan fixed dan mobile broadband.

Jaringan baru itu secara menyeluruh didukung segment routing IPv6 yang menyajikan arsitektur terpadu dan policy-aware yang terintegrasi mulus antara domain transport dan domain data-center.

Segment routing juga akan mewujudkan kemampuan pemisahan jaringan dengan biaya efektif dan latensi rendah yang merupakan salah satu prasyarat utama untuk layanan 5G.

Langkah penting itu akan mentransformasi arsitektur jaringan transport Indosat Ooredoo secara menyeluruh sesuai komitmen untuk membangun salah satu jaringan transport paling modern di Asia Tenggara.

Tranformasi disertai dengan penggelaran jaringan fiber optik yang sedang berlangsung akan membuat jaringan transport Indosat Ooredoo siap untuk memenuhi kebutuhan masa depan terhadap layanan konektivitas berkualitas tinggi dan scalable bagi pelanggan, baik ritel maupun bisnis, dengan performa unggul dan konsisten.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN