Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Acara puncak pengumuman pemenang AJK 2020 di Aula Anantakupa Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (17/11). (IST)

Acara puncak pengumuman pemenang AJK 2020 di Aula Anantakupa Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (17/11). (IST)

Kemenkominfo Umumkan Pemenang Lomba AJK 2020

Selasa, 17 November 2020 | 21:20 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan pemenang lomba Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2020 pada acara puncak di Aula Anantakupa Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (17/11).

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemenkominfo Ferdinandus Setu  memerinci, ada sebanyak 2.047 karya jurnalis yang diterima panitia dari 835 jurnalis dalam lima kategori lomba.

Jumlah karya yang masuk dari kategori media online sebanyak 864 tulisan dari 386 jurnalis, media cetak terdapat 387 karya dari 169 jurnalis, kategori liputan TV 257 karya dari 142 jurnalis, kategori liputan radio 88 karya dari 55 jurnalis, serta kategori foto jurnalistik 451 karya dari 83 jurnalis.

Setelah dinilai dewan juri, juara I untuk kategori media online diraih oleh Eka Prasetya Kusuma Negara (Lokadata.id) dengan karya Desa Tembok, Kisah ''Benteng'' Ekonomi di Masa Pandemi, juara II diraih Teguh Firmansyah (Republika.co.id), serta juara III diraih Novita Sari Simamora (Bisnis.com).

Selanjutnya, juara I kategori media cetak diraih Janto (Harian Analisa, Medan) dengan karya berjudul  Merajut Asa di Tengah Pandemi, juara II Kismis Dwi Astuti (Pikiran Rakyat), dan juara III diraih Ester Lince Napitupulu (Harian Kompas).

Sementara itu, juara I untuk kategori liputan TV diraih Yosep Erwin Nothan Tupen (PT Televisi  Orang Papua/Papua Channel), juara I kategori radio diraih Yuniar Kustanto (Elshinta Semarang), dan pemenang kategori foto untuk juara I diraih Muchtamir (Koran Sindo - Sindonews).

Pada saat diluncurkan Septemper lalu, Ferdinandus menyampaikan bahwa total hadiah untuk semua kategori lomba AJK 2020 mencapai nilai Rp 175 juta.

Plt Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Ismail mengatakan, kondisi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini membutuhkan informasi yang akurat, tepat, serta penuh dengan etika dan tatakrama. 

“Ini menjadi suatu kerinduan bagi kita karena apa? Karena karya jurnalis itu tentu berbeda dengan karya tulisan yang biasa,” tutur dia, mewakili Menteri Kominfo Johnny G Plate, pada acara puncak AJK 2020 di Aula Anantakupa Kantor, Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (17/11). 

Menurut dia, melalui AJK 2020, Kemenkominfo merasa bersyukur memiliki mitra jurnalis yang hebat, khususnya peserta yang telah mengirimkan karya untuk dilombakan dan diteliti secara ketat oleh para juri.

“Jantung dari media itu adalah para jurnalisnya. Independensi dan akurasi, serta bobot karya dari seorang jurnalis sangat menentukan arah pembangunan nasional. Karena tanpa kritik, saran, input, dan masukan dari teman-teman jurnalis dan seluruh pihak-pihak yang berkepentingan, tidak akan mendapatkan suatu informasi yang benar,” paparnya.

Karya Berkualitas

Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers Agus Sudibyo, sebagai perwakilan dewan juri, mengatakan, AJK 2020 merupakan program yang sangat mendukung karya jurnalis di Tanah Air.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, selamat juga kepada nominator dan juga selamat kepada seluruh peserta teman-teman jurnalis dari Sabang sampai Merauke yang sudah mengikuti kompetisi ini,” ujarnya. 

Menurut Agus, ada beberapa kesan dan membuat sulit para juri ketika mencoba mengulas, membaca, dan memutuskan siapa yang menjadi pemenang, “Sulit sekali, karena rata-rata bagus, seperti dari kategori media online dan cetak, peserta yang masuk 10 besar nilainya tidak jauh berbeda,” ungkapnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN