Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kemkominfo Alokasikan Frekuensi 700 MHz untuk Industri Telekomunikasi

Rabu, 28 Januari 2015 | 23:32 WIB
ah

JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan mengalokasikan rentang frekuensi 700 MHz  untuk implementasi pita lebar dalam industri telekomunikasi.

“Kami menginginkan frekuensi 700 MHz digunakan untuk broadband,” Kata Menkominfo Rudiantara, dalam acara Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI, di Jakarta, Selasa, (27/1).

Meski demikian, Rudiantara mengakui, hingga saat ini Kementerian belum menyiapkan grand design atau formulasi digitalisasi penyiaran yang baru.

 

Menurut dia, konvergensi digitalisasi penyiaran tidak bisa dilakukan terburu-buru, mengingat hampir seluruh pemain industri, baik pemain besar maupun televisi lokal mengajukan komplain ke Kementerian terhadap grand design yang telah disiapkan sebelumnya.

“Semua pada komplain terhadap grand design yang lama. Jadi kami tengah persiapkan grand design yang baru. Namun, kami juga telah membekukan izin digitalisasi untuk menyusun kembali formulasi yang baru,” ujar Rudiantara.

Di sisi lain Rudiantara juga mengungkapkan, operator telekomunikasi yang saat ini berjumlah tujuh operator dinilai belum ideal. Idealnya, hanya empat operator. “Secara economic of scale, idealnya operator di Indonesia berjumlah empat operator,” terang Rudiantara.

Sementara, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Judhariksawan meminta kepada Kemkominfo untuk menjelaskan secara detail tentang grand designnya. Kemkominfo, lanjut Judhariksawan, jangan sekadar mengalokasikan tanpa rencana kerja yang jelas. Alokasi tersebut harus dipaparkan kepada publik, sehingga publik juga bisa mengetahui rencana kerja dari Kemkominfo. Selain itu, dia juga meminta, agar alokasi tersebut melibatkan semua pihak yang berkepentingan di dalamnya.

“Intinya, saya minta tiga hal, grand design yang jelas, transparansi dan keterlibatan semua pihak,” tegas Judhariksawan kepada Investor Daily, Rabu, (28/1). (man)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN