Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aplikasi OVO. Foto: IST

Aplikasi OVO. Foto: IST

Lakukan Edukasi Penggunaan QRIS

OVO Dukung UMKM Jawa Tengah Go Digital

Emanuel Kure, Kamis, 7 November 2019 | 08:00 WIB

JAKARTA, investor.id - OVO, platform pembayaran digital terdepan di Indonesia, berperan aktif dalam mendukung inisiatif Bank Indonesia untuk mempercepat penetrasi ekonomi digital (go digital) di kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah.

OVO pun turut ambil bagian dalam acara UMKM Gayeng (Gelar Karya Kreatif Jateng), Go Global Go Digital di Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, pada 1-3 November 2019. Pada acara ini, OVO kembali menegaskan komitmennya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi penggunaan Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS).

President Director OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif QRIS dari Bank Indonesia. Keikutsertaan OVO pada acara UMKM Gayeng kali ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada pelaku UMKM dalam menghadapi ekonomi digital, khususnya dalam menghadapi penerapan QRIS secara menyeluruh pada 1 Januari 2020.

Langkah OVO itu dipercaya akan meningkatkan pemerataan akses terhadap keuangan digital serta mendukung pemerintah dalam menyukseskan Gerakan Nasional Non-Tunai sebagai akselerator dalam perkembangan ekonomi digital dan mendorong percepatan inklusi keuangan yang merata di Indonesia.

“Melalui QRIS, kami berharap dapat memberdayakan lebih banyak UMKM di Indonesia, terutama di Jawa Tengah,’’ kata Karaniya, dalam keterangannya, Rabu (6/11).

Acara itu dimeriahkan dengan bazar dari 70 UMKM ekonomi kreatif Jawa Tengah yang memiliki potensi pasar ekspor. Selain itu, ada peragaan busana Kesengsem Lasem hasil karya kolaboratif dari perancang busana kenamaan Didiet Maulana dengan kelompok pengrajin batik lasem.

Batik Lasem merupakan salah satu produk UMKM unggulan Jawa Tengah yang sudah mampu bersaing di pasar internasional. Selama acara, pengunjung maupun pedagang pun sudah bisa melakukan transaksi dengan menggunakan QRIS yang didukung juga oleh sistem pembayaran dari OVO.

Menurut Karaniya, pada acara tersebut, OVO berkesempatan mengedukasi pelaku UMKM tentang peran QRIS untuk meningkatkan bisnis. Mereka juga diajak berdiskusi agar dapat lebih maksimal dalam mengadopsi teknologi yang semakin maju dan siap merambah pasar global.

“Selama dua tahun hadir di Indonesia, OVO senantiasa melayani seluruh masyarakat Indonesia mulai dari perorangan, mitra modern, maupun UMKM, dengan memberikan kemudahan transaksi digital,” ujarnya.

Saat ini, platform OVO sudah dapat diterima di sekitar 500.000 merchant, termasuk juga 300.000 UMKM. Karena itu, penting bagi OVO untuk terus mendekatkan diri kepada para pelaku UMKM demi mencapai pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui teknologi digital.

Dia menjelaskan, sebagai perusahaan dengan strategi ekosistem terbuka yang telah menyandang status sebagai unicorn ke-5 di Indonesia, OVO menyambut program QRIS sebagai terobosan baru untuk membawa ekosistem keuangan digital Indonesia holistik yang dapat mendorong akselerasi industri kecil dan menengah guna lebih maju di masa yang akan datang.

“Kemajuan ini diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap ekonomi secara menyeluruh dan mendorong tingkat inklusi keuangan serta akses keuangan yang merata guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” tutup dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA