Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Peluncuran Palapa Ring Bukti Keseriusan Pemerintah

Gora Kunjana, Jumat, 4 Maret 2016 | 16:59 WIB

JAKARTA- Menkominfo Rudiantara mengatakan pelaksanaan proyek Palapa ring Paket Tengah senilai Rp1,38 triliun menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjalin kerja sama dengan badan usaha atau investor dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi akan lebih menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas," katanya dalam acara peresmian Palapa Ring Paket Tengah di Jakarta, Jumat.

Proyek Palapa Ring Paket Tengah nantinya bermanfaat untuk meningkatkan layanan akses broadband atau pitalebar di wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara.

Hadir dalam acara tersebut –seperti dilansir Antara-- Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perindustrian Saleh Husin serta Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Sinthya Roesly.

Proyek Palapa Ring merupakan upaya pemerintah untuk membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik yang menghubungkan seluruh kabupaten kota dan salah satu proyek infrastruktur strategis nasional yang ditetapkan melalui Perpres Nomor 3 Tahun 2016.

Proyek ini terdiri dari tiga paket yaitu Paket Barat yang baru diresmikan pada akhir Februari 2016, Paket Tengah serta Paket Timur yang masih dalam tahap prakualifikasi dan ditargetkan penandatanganan perjanjian kerja sama pada September 2016.

Paket Barat yang menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau sampai Kepulauan Natuna mempunyai panjang kabel serat optik sekitar 2.000 kilometer. Paket Tengah yang menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara sampai Kepulauan Sangihe-Talaud mempunyai panjang kabel serat optik 2.700 kilometer.

Sementara, Paket Timur diharapkan mampu menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua termasuk daerah pedalaman, karena mempunyai panjang total kabel serat optik 6.300 kilometer.

Proyek Palapa Ring mendapatkan dukungan dari Bappenas, Kementerian Keuangan dan PT PII, sehingga penyiapan proyek yang menggunakan skema pembayaran ketersediaan layanan (availability payment) ini dapat berlangsung secara efektif kurang dari setahun.

Skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment merupakan pembayaran secara berkala selama masa konsensi berdasarkan pada ketersediaan layanan infrastruktur yang telah dibangun oleh badan usaha.

Sedangkan, PT PII mendapatkan tugas untuk menjamin kelangsungan pembayaran dari PJPK kepada badan usaha, termasuk kemungkinan risiko kegagalan PJSK dalam melakukan pembayaran serta dalam membayar biaya terminasi. (gor)

Sumber : ANTARA

BAGIKAN