Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Palapa Ring

Palapa Ring

Penyelesaian Palapa Ring Mundur hingga September

Abdul Muslim, Senin, 12 Agustus 2019 | 07:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menargetkan, pembangunan proyek penggelaran kabel serat optik untuk jaringan internet (Palapa Ring) di wilayah timur Indonesia (Paket Timur) dapat diselesaikan pada September 2019.  

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Anang Achmad Latif mengatakan, pembangunan Palapa Ring di wilayah timur Indonesia, khususnya di Provinsi Papua, bisa diselesaikan pada September mendatang.

"Target kami, pada September 2019 ini, semua jaringan selesai dibangun, sehingga dapat menunjukkan masyarakat di Papua dapat menikmati layanan broadband (internet)," ujar Anang di Jayapura, Papua, pekan lalu.

Menurut dia, layanan broadband nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat di Provinsi Papua, terutama pada fasilitas sekolah, puskesmas, kantor-kantor desa, dan lain sebagainya.

"Dalam empat tahun terakhir, kami fokus bagaimana mengembangkan Papua, Nusa Tenggara, dan Maluku, yang memiliki kemiripan dengan negara-negara Pasifik," tambahnya, seperti dikutip Antara.

Dia menjelaskan, Bakti tengah menghubungkan semua kota, khususnya di wilayah timur Indonesia, melalui pembangunan jaringan broadband, atau pita lebar yang disebut Palapa Ring ini. Tujuannya agar kawasan tersebut terhubung jaringan telekomunikasi, termasuk di dalamnya internet.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyampaikan bahwa proyek Palapa Ring Paket Timur menjangkau 35 kabupaten/kota yang tersebar di empat di provinsi Indonesia.
"Keempat provinsi tersebut, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur, dengan total panjang kabel serat optik sekitar 8.454 kilo meter dan nilai proyek mencapai Rp 5,1 triliun," katanya.

Target Meleset

Jika target penyelesaian proyek Palapa Ring, terutama untuk Paket Timur, hingga September, itu berarti kembali meleset waktunya. Sebab, sebelumnya, semua proyek Palapa Ring diyakini akan rampung sebelum 17 Agustus 2019, atau Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-74.

Palapa Ring merupakan proyek penggelaran kabel serat optik di daerah pinggiran dan terpencil yang akan menjadikan seluruh wilayah kota/kabupaten di Indonesia tersambung layanan data (internet) berjaringan seluler generasi keempat (4G).

Saat ini, proyek Palapa Ring paket Barat dan Tengah sudah selesai 100% serta keduanya mulai komersial. Sementara itu, Palapa Ring Paket Timur sedang dalam proses penyelesaian mencapai sekitar 97%, sehingga sempat diyakini bisa dituntaskan sebelum 17 Agustus 2019. Indonesia pun secara umum akan merdeka sinyal pada 2020.

"(Palapa Ring) optimistis selesai (sebelum 17 Agustus 2019)," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen)  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rosarita Niken Widiastuti, usai menghadiri Pertemuan Nasional Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia di Jakarta, pada pertengahan Juli lalu.

Menurut dia, pemerintah sedang membuka berbagai akses di semua lini untuk menyatukan seluruh negeri, termasuk pembangunan infrastruktur Palapa Ring. Pembangunan Palapa Ring Barat dan Tengah sudah rampung pada 2018.

Sementara itu, lanjut Niken, penyelesaian Palapa Ring Paket Timur yang meliputi Maluku dan Papua sudah mencapai sekitar 96%. Salah satu kendala pembangunan di sektor Timur adalah kontur pegunungan yang membuat proses penyelesaiannya lebih lambat.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN