Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Smartphone Pertama Dunia Berkamera Putar

Kamis, 17 Oktober 2013 | 13:48 WIB
Oleh Emral Firdiansyah

Banyak pengguna ponsel beralasan memilih smartphone karena ingin mengabadikan momen berharga atau senang berfoto ria di berbagai suasana lalu meng-upload-nya di social media. Ya, umumnya mereka yang menginginkan kualitas hasil jepretannya lewat smartphone akan memilih smartphone yang memiliki kamera ponsel dengan piksel besar sebut saja sekitar 13 Megapiksel ke atas.

Pengguna smartphone yang sering memakai kamera ponselnya untuk berfoto masih menemukan kendala meskipun kamera memiliki daya piksel yang besar, salah satunya hasil foto masih noise atau berbintik dikarenakan kemampuan flashnya tidak maksimal, bisa juga kamera depan ponsel tidak memiliki flash, hingga tidak bisa mendapatkan komposisi foto yang diinginkan karena tidak dapat melihat layar fokus.

Kini, Oppo menghapus kesedihan Anda akan hal tersebut. Oppo, Rabu (16/10) di Grand Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta meluncurkan Oppo N1 yang memiliki kamera berputar lengkap dengan flashnya. Alhasil, angle kreatif yang Anda inginkan dengan mudah dapat dicapture. Flashnya pun sangat mendukung sehingga tidak ada lagi istilah foto kegelapan atau noise berbintik.

Apalagi keunggulan dari Oppo N1 ini? Oppo N1 diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang memiliki kamera berflash yang dapat diputar lebih dari 206 derajat. Kamera yang dibenamkan dalam Oppo N1 ini terdiri dari 6 elemen lensa ditambah dual LED sebagai flash kemudian tak hanya memiliki piksel yang besar, 13 Megapiksel namun juga memiliki bukaan atau f/2.0 sehingga hasil foto dijamin tajam.

Dari segi tampilan, Oppo N1 yang pertama kali diluncurkan di Indonesia ini baru berwarna putih. Layar besar berukuran 5.9 inch 1080p ini tak menyulitkan penggunanya karena smartphone ini memiliki "O-Touch" yang tak terlihat di panel belakangnya sehingga cukup satu tangan yang memegang dan mengoperasikan smartphone ini. Panel belakang juga didesain agak menggembung agar nyaman dalam genggaman tangan. Oppo juga mendesain tak terlihat untuk tombol power,volume dan slot simcard sebagaimana desain smartphone pada umumnya di mana layar sentuh yang diunggulkan.

Prosesor yang digunakan Oppo N1 adalah 1.7GHz quad-core Snapdragon 600. Memang bukan prosesor terbaru namun performanya masih tetap berjalan mulus. Waktu singkat saat menyapu antar layar ke kanan dan kiri atau arah sebaliknya. Di saat menonton video namun Anda ingin browsing internet. Aplikasi Video di Oppo N1 cukup dikecilkan ukurannya dengan dua jari lalu sentuh aplikasi browser internet secara bersamaan. Performanya pun tidak terganggu dalam urusan operasional multi aplikasi.

Hal lain yang menarik perhatian adalah ColorOS ROM nya yang membuat Anda dapat menggambar bentuk untuk beralih aplikasi atau tindakan (yang dapat spesifik disesuaikan, juga). Ada dua cara untuk melakukannya: baik beralih papan gambar dengan menyeret jari Anda turun dari sudut kiri atas (sekitar seperempat dari sisi atas layar Oppo N1). Atau hanya menggambar bentuk pada layarnya saat itu dimatikan - meskipun fungsi yang terakhir saat ini terbatas pada empat tindakan default (lingkaran untuk kamera, "V" untuk senter, "W" untuk WeChat "dan" I "untuk menelepon layanan hotline oposisi itu).

Kenyataan itu semua yang menjadikan Oppo N1 sebagai smartphone yang layak Anda miliki. Oppo N1 dibanderol Rp 6.999.000. (Ral)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN