Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Paket Ilmupedia Telkomsel

Ilustrasi Paket Ilmupedia Telkomsel

DIIMBAU BEKERJA, BELAJAR, DAN BERIBADAH DARI RUMAH

Trafik Layanan Data Telkomsel Melonjak 5% 

Emanuel Kure, Kamis, 19 Maret 2020 | 17:31 WIB

JAKARTA, investor.id - Operator telekomunikasi Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan data sebesar 5%, pasca-imbauan Presiden Joko Widodo agar masyarakat belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah, guna meredam penyebaran pandemi Covid-19. Sedangkan untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan, seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah. "Ini sebagai dampak diberlakukannya kebijakan sejumlah perusahaan dan sekolah untuk bekerja dan belajar dari rumah. Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan Covid-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait,” kata Denny melalui siaran pers, Jakarta, Kamis (19/3).

Denny menambahkan, Telkomsel juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital, yang dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236%. Sedangkan untuk komunikasi pesan instan sebesar 19%, games online sebesar 13%, dan layanan digital berbasis cloud storage (yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja secara daring) meningkat hingga 10,4%.

"Sedangkan trafik payload lainnya yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan content provider (8,2%), digital advertising (7,5%), video streaming (7.3%), dan browsing (5,2%)," tuturnya.

Sementara itu, wilayah operasional Telkomsel yang mengontribusi kenaikan payload secara keseluruhan yang terbesar adalah Regional Jawa Barat (7,9%). Berikutnya, Jawa Tengah (6,9%), Jawa Timur (5%), Sumatera Bagian Tengah (4,7%), dan Sumatera Bagian Selatan (4,2%).

“Kami akan terus melakukan pemantauan pergerakan trafik layanan telekomunikasi. Saat ini, upaya penanganan pengamanan trafik jaringan yang telah dilakukan Telkomsel mencakup kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel,” ujar Denny.


Layanan CloudX
Dalam mendukung sistem kerja work from home (WFH) atau remote, Telkomsel juga telah memiliki portofolio layanan yang mampu menyentuh berbagai kegiatan bisnis perusahaan, salah satunya layanan CloudX Meeting. Selama ada kebijakan WFH tersebut, Telkomsel memberikan bebas biaya berlangganan CloudX Meeting selama 1 (satu) bulan dengan syarat dan ketentuan berlaku, serta bebas kuota data untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60 GB, khusus untuk host meeting dan 30 GB untuk peserta meeting.

CloudX dapat diakses secara fleksibel dari berbagai macam device, mulai dari desktop, perangkat mobile, hingga laptop. Dengan demikian, produktivitas karyawan tetap terjaga walaupun harus bekerja dari rumah. Fleksibilitas tersebut juga memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan atau menerima panggilan dari pelanggan dari mana pun dan kapan pun.

Saat ini, CloudX telah dipercaya untuk diterapkan dalam operasional Roche Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang farmasi dan diagnosis. (en)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN