Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Teknisi merawat BTS XL Axiata di Provinsi Lampung. (IST)

Teknisi merawat BTS XL Axiata di Provinsi Lampung. (IST)

XL Axiata Perluas Jangkauan Layanan VoLTE di 224 Kabupaten dan Kota

Selasa, 20 Juli 2021 | 19:45 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT XL Axiata Tbk terus memperluas jangkauan wilayah layanan Voice over LTE (VoLTE). Per Juni 2021, layanan voice melalui jaringan data berkecepatan tinggi tersebut sudah bisa dinikmati pelanggan di 224 kota/kabupaten yang tersebar di Sumatera, Bangka, Jawa, Madura, Bali, Lombok, dan Kalimantan.  

Sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2020, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut terus meningkat. Begitu juga, penetrasi smartphone dengan kemampuan VoLTE pada pengguna layanan 4G perseroan.

VoLTE merupakan layanan percakapan (voice), atau telepon melalui jaringan data Long Term Evolution (LTE). Dengan VoLTE, layanan voice menjadi lebih baik dengan kualitas suara menjadi sangat jernih.

“Kami terus memperluas jangkauan layanan VoLTE sejalan dengan rencana pengondisian jaringan untuk VoLTE yang telah kami lakukan secara bertahap. Untuk bisa menggelar VoLTE di suatu area, kami perlu menyiapkan jaringan terlebih dahulu,” ujar Direktur Teknologi XL Axiata I Gede Darmayusa, dikutip Selasa (20/7).

 Sementara itu, lanjut dia, penentuan kota/kabupaten yang menjadi target perluasan layanan VoLTE antara lain berdasarkan permintaan layanan voice dan dengan jumlah ketersediaan perangkat support VoLTE yang tinggi, serta perluasan dari kota-kota yang sekarang sudah menikmati layanan VoLTE XL Axiata.

Menurut Gede, pelanggan yang telah aktif menggunakan VoLTE saat ini telah mencapai lebih dari 50% dari total pelanggan yang telah terregistrasi di jaringan VoLTE XL Axiata. 

Manajemen XL Axiata optimistis bahwa layanan VoLTE akan mendapatkan sambutan baik dari pelanggan karena kelebihan manfaatnya, yaitu kualitas suara lebih baik, kecepatan sambung lebih cepat, dan layanan video yang berkualitas. Pelanggan juga dapat menikmati layanan VoLTE dan layanan data secara bersamaan.

XL Axiata pun terus menyiapkan infrastruktur jaringan di kota/kabupaten berikutnya untuk mendukung layanan VoLTE. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, perseroan perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh, sehingga benar-benar siap untuk layanan VoLTE.

Pelanggan XL Axiata (XL, AXIS, dan XL PRIORITAS) yang telah memenuhi persyaratan dapat langsung menikmati layanan VoLTE XL Axiata tanpa perlu registrasi, atau membeli paket tertentu. Tarif yang berlaku sesuai dengan tarif nelpon reguler atau kuota paket yang sedang digunakan oleh pelanggan.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN