Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini. (IST)

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini. (IST)

Rayakan HUT yang Ke-24

XL Axiata Targetkan Layanan 100% 4G LTE

Jumat, 9 Oktober 2020 | 08:24 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT XL Axiata Tbk, sebagai operator telekomunikasi dan data di Indonesia, berkomitmen selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika memasuki usianya yang ke-24 tahun. Perseroan pun menargetkan pencapaian layanan jaringan 100% 4G LTE pada akhir 2020 dan bertekad memberikan layanan yang lebih baik.

Hingga akhir semester I-2020, jaringan data XL Axiata telah menjangkau lebih dari 93% populasi penduduk. Total ada sebanyak 139 ribu unit BTS dioperasikan, termasuk lebih dari 49 ribu unit BTS 4G LTE yang menopang jaringan di 456 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Selain itu, serat optik tulang punggung (backbone fibre optic) milik perseroan membentang sepanjang ribuan kilometer yang menghubungkan semua jaringan tersebar di sebagian besar wilayah kepulauan Nusantara.

“Kami akan melanjutkan dukungan kepada pemerintah melalui pembangunan jaringan infrastruktur yang semakin luas hingga ke pelosok area, adopsi atas teknologi terbaik dan terbaru, serta melahirkan produk layanan inovatif yang akan mendorong produktivitas masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, dalam konferensi virtual HUT Ke-24 XL Axiata, Kamis (8/10).

Menurut dia, pada saat pandemi Covid-19 tengah berjangkit seperti sekarang, masyarakat semakin merasakan betapa urgennya keberadaan jaringan internet dan produk layanan digital. Hal ini penting untuk mendukung hampir semua aktivitas ketika faktor kesehatan memaksa orang untuk tinggal di rumah dan menghindari kerumunan.

Perseroan pun mendorong pemanfaatan jaringan infrastruktur yang terus dibangun hingga ke pelosok daerah dengan menciptakan berbagai layanan yang bisa mendorong produktivitas masyarakat. Salah satunya melalui layanan internet of thing (IoT) yang bisa memfasilitasi pelaku usaha besar hingga mikro untuk menjadi lebih maju.

4G, VoLTE, dan MyXL

Act CTO XL Axiata Indonesia I Gede Darmayusa menambahkan, pada akhir 2020, XL Axiata menargetkan semua menara dan BTS yang dimilikinya di Tanah Air sudah berteknologi 4G LTE yang akan memfasilitasi layanan data, atau internet guna menopang aktivitas di kawasan residensial di tengah pandemi Covid-19.  

“Dalam rangka meningkatkan kualitas layanannya ke pelanggan, tahun ini, kami berkomitmen untuk menargetkan dan membuat 4G sudah 100% di semua site (menara) kita. Insyallah semua site kita tahun ini sudah 4G,” katanya.

Sementara itu, setelah pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2020 di kota Jakarta dan Medan, layanan VoLTE Voice over LTE (VoLTE) perseroan kini juga telah tersedia di 13 kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Medan, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang, dan Sidoarjo. 

Akhir tahun ini, layanan ini ditargetkan menjangkau 50 kota. VoLTE merupakan layanan percakapan telepon (voice) melalui jaringan data Long Term Evolution (LTE). Dengan VoLTE, layanan voice menjadi menjadi lebih baik dan jernih. Selain itu, kecepatan sambungnya singkat.

Direktur Informasi XL Axiata Yessie D Yosetya menuturkan, hasil inovasi lain yang XL Axiata perkenalkan bersamaan dengan perayaan hari jadi ke-24 tahun adalah pengembangan aplikasi myXL. Pembaruannya bertujuan memberikan layanan yang lebih mudah, cepat, dan lebih personal bagi pelanggan.  

“Yang membedakan yang lama dengan yang baru, aplikasi myXL yang baru dapat diakses lebih mudah, cepat, dan dengan tampilan design yang lebih menarik dengan fitur yang dipersonalisasi,” tutur Yessie.

Kegiatan Sosial

Melengkapi rangkaian kegiatan ulang tahun ke-24, XL Axiata bersama dengan karyawan mengajak mitra kerja, pelanggan, dan masyarakat melakukan kegiatan sosial berupa donasi smartphone dan penggalangan dana mulai tanggal 8 sampai dengan akhir Oktober 2020.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk membantu para pelajar kurang mampu di area terpencil yang selama ini kesulitan untuk bisa memiliki smartphone sebagai sarana mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sasaran penyaluran donasi ini adalah para pelajar di pelosok area yang berada di Nusa Tenggara, Sumatra, dan Kalimantan. “Manajemen XL Axiata akan memberikan satu buah smartphone baru untuk setiap smartphone layak pakai yang berhasil dikumpulkan,” ujar Dian.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN