Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mata uang kripto, bitcoin. ( Foto: Getty Images )

Mata uang kripto, bitcoin. ( Foto: Getty Images )

Ini 4 Alasan Mengapa Kripto Berharga dan Memiliki Nilai

Selasa, 25 Januari 2022 | 06:51 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Salah satu kebingungan utama bagi pendatang baru dalam dunia kripto adalah memahami bagaimana dan mengapa kripto berharga. Selama beberapa tahun terakhir, harga Bitcoin dan aset kripto lainnya selalu naik turun setiap harinya. Bagi investor yang baru memasuki dunia kripto, pasti cukup membingungkan ketika melihat beberapa aset kripto mengalami kenaikan lebih dari 100%. Sementara itu, aset lain seperti emas dan juga mata uang fiat seperti rupiah tidak pernah mengalami kenaikan yang drastis dan bahkan seringkali mengalami depresiasi terhadap dolar Amerika.

Hal ini memunculkan pertanyaan, mengapa kripto berharga? Dari mana aset-aset kripto ini memiliki nilai? Apa bedanya antara nilai mata uang kripto dan uang fiat? Berikut beberapa faktor yang dirangkum dari pintu.co.id dikutip Selasa (25/1).

1. Kelangkaan

Dalam ekonomi, sesuatu memiliki nilai jika memenuhi dua syarat berikut kelangkaan dan utilitas. Kelangkaan artinya sesuatu memiliki persediaan yang terbatas. Kebanyakan aset kripto memiliki batas suplai maksimum, contohnya Bitcoin (BTC) yang memiliki batas suplai sejumlah 21 juta. Banyak analis menjelaskan bahwa suplai maksimum ini membuat aset kripto seperti Bitcoin lebih bernilai daripada aset lain.

Baca juga: Awal Pekan, Bitcoin (BTC) dan Kripto Teratas Lainnya Mulai Bangkit Lagi

2. Kegunaan dan penggunaan kripto

Aspek kedua dalam melihat nilai sebuah barang adalah melalui utilitas atau kegunaannya. Aspek utilitas barang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kemampuannya sebagai medium penyimpanan kekayaan dan kegunaannya dalam aktivitas sehari-hari. Sebagai medium penyimpanan kekayaan, aset kripto dapat disimpan dalam jangka waktu panjang tanpa khawatir akan hilang, rusak, atau pun kehilangan nilainya.

Aset kripto seperti bitcoin terbukti bisa menjadi aset jangka panjang yang menguntungkan. Apabila dilihat dari sejarah harganya, pada tahun 2016 Bitcoin memiliki harga US$ 400 sementara tahun 2021 mencapai U$ 50.000. Hal tersebut membuktikan kemampuan aset kripto sebagai alat menyimpan kekayaan.

3. Teknologi

Teknologi blockchain yang menjadi fondasi mata uang kripto dianggap memberikan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan uang konvensional. Teknologi aset kripto membawa 3 keuntungan di bawah bagi penggunanya. Yakni, transparansi, desentralisasi, dan borderless.

4. Kepercayaan dan pandangan publik

Salah satu prinsip dasar dari ekonomi uang adalah kepercayaan dan pandangan publik. Uang fiat yang berbentuk kertas dapat digunakan secara bebas karena semua orang percaya dengan nilainya, bukan karena kertasnya berharga. Hal ini pun berlaku ketika kita membicarakan mengapa kripto berharga. Keberhargaan dan nilainya dibentuk dari kepercayaan orang-orang yang menggunakannya dan persepsi publik terhadap kegunaannya.

Baca juga: Hai Pemula, Kenalan Yuk dengan Aset Kripto

Sebuah fenomena yang unik dalam dunia asset kripto adalah besarnya pengaruh ikon teknologi. Cuitan Elon Musk di twitter atau berita tentang mega investor memasuki dunia kripto dapat mempengaruhi harga sebuah aset. Salah satunya adalah kasus Dogecoin yang sempat mengalami kenaikan harga akibat cuitan Elon Musk. Namun, setelah ia jarang mempromosikan koin tersebut, harga Dogecoin kembali terjun bebas. Hal ini menjadi salah satu bukti volatilitas mata uang kripto yang rentan dipengaruhi oleh tokoh-tokoh populer.

Jadi, sama halnya dengan mata uang fiat, mata uang kripto pada dasarnya memiliki nilai karena orang-orang yang menggunakannya. Aset-aset kripto dianggap berharga karena ia bisa menjadi alat pertukaran global dengan nilai yang diakui oleh banyak orang. Selain itu, karena ia tergolong jenis uang yang cukup baru, persepsi tentang nilai mata uang kripto akan terus berkembang.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN