Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi penipuan dengan modus kripto

Ilustrasi penipuan dengan modus kripto

Awas! Modus Penipuan Kripto Makin Marak

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:36 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Di tengah semakin populernya Bitcoin dan aset kripto lainnya, scam atau modus penipuan kripto pun menjadi semakin marak. Tidak sedikit dari mereka yang baru terjun ke dalam investasi aset kripto menjadi korbannya. Mata uang kripto legal di Indonesia akan tetapi mata uang kripto tidak luput dari inceran scammer. Dikutip dari laman pintu.co.id dikutip Selasa (25/1), berikut beberapa modus penipuan yang sering terjadi di dunia kripto serta cara menghindarinya.

1.Hadiah Gratis

Untuk menarik para pemain kripto awal, para penipu biasanya akan mengiming-imingi hadiah koin gratis. Penipu biasanya akan meminta data-data pribadi dari si korban. Jika ada yang menawarkan hadiah gratis, berhati-hatilah dan segera cari tahu keabsahan dari undian tersebut. Jangan pernah mengirimkan informasi data pribadi kamu ke orang yang tidak dikenal.

Baca juga: Oh No! OJK Larang Lembaga Jasa Keuangan Fasilitasi Kripto

2.Meniru orang lain

Hal yang paling sering dilakukan oleh penipu adalah berpura-pura untuk meniru orang lain. Biasanya mereka akan menggunakan akun palsu dengan menyalin profil sosial media para influencer di dunia kripto. Berhati-hatilah dengan tawaran untuk melipatgandakan keuntungan kripto anda dari para influencer yang secara tiba-tiba mengirimkan Direct Message kepada anda. Jangan pernah menerima permintaan aneh dari orang yang tidak anda kenal dan selalu cek ulang akun dari orang yang mengirimkan pesan pribadi kepada anda.

3.Bursa Kripto Palsu

Di saat harga Bitcoin semakin naik, maka penipuan bursa kripto palsu marak terjadi. Biasanya bursa kripto palsu ini menawarkan harga Bitcoin yang jauh dari harga pasar sehingga membuat orang mengira mereka akan mendapatkan untung. Seperti kisah Toni Haryanto, seorang pedagang bakso, yang baru-baru ini ditipu oleh investasi Bitcoin bodong di sosial media. Toni melihat iklan di sosial media tentang investasi Bitcoin dengan harga murah, lalu ia diminta untuk mengirimkan uang ke akun si penipu. Toni kehilangan uang yang ia tabung untuk naik haji dan kasus ini marak diperbincangkan di media. Untuk menghindari penipuan kripto semacam ini, selalu beli Bitcoin pada aplikasi yang sudah terdaftar di dalam Bappebti. Pastikan juga anda untuk selalu mengecek harga crypto agar anda tidak terkecoh dengan iming-iming harga murah dari bursa crypto yang tidak sah.

4.Phishing

Phising adalah kejahatan dunia maya di mana target dihubungi melalui email, telepon, atau pesan teks oleh seseorang yang menyamar sebagai lembaga yang sah untuk menarik individu agar memberikan data sensitif seperti informasi identitas pribadi, detail kartu kredit dan perbankan, serta kata sandi. Phising adalah cara paling sering dilakukan untuk menipu seseorang. Apabila anda mendapatkan email dari situs website aset kripto pastikan untuk mengecek alamat domain dari situs tersebut. Cek juga apakah website yang dituliskan itu benar adanya dengan cara mengeceknya di google. Berhati hati dengan huruf kapital i dan juga huruf l karena tidak bisa dilihat secara kasat mata.

5.Ransomware

Serangan ransomware adalah upaya dari hacker untuk memblokir akses dari situs yang anda miliki dengan memasukkan program ke dalam komputer anda, satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan cara anda membayarkan tebusan Bitcoin.

Baca juga: Waspadai Skema Ponzi Bermodus Kripto, OJK Minta Perketat Aturan Penggunaan Rekening Bank

6.Koin tipuan

Dengan maraknya koin kripto alternatif atau yang disebut sebagai altcoins, banyak juga penipuan yang mengatasnamakan koin baru. Penipuan kripto dengan altcoins biasanya mengajak para investor untuk berinvestasi di koin baru sebelum di daftarkan ke dalam exchange atau menjual koin baru dengan harga diskon. Biasanya koin-koin baru ini juga melakukan yang namanya pump and dump, dimana penipu biasanya sudah memiliki koin banyak sebelum menarik investor baru, mereka juga akan menyewa penulis lepas untuk memberitakan koin ini di media massa dan independen.

Saat koin tersebut mendapatkan popularitas maka harga koin akan menjadi naik. Dan setelah harga koin naik, para penipu akan menjual posisi mereka dan membuat harga menjadi anjlok. Berhati-hatilah untuk berinvestasi altcoin yang baru. Kenali tim dibelakang dari koin tersebut dan cek pergerakan harga koin tersebut dari awal sebelum mulai berinvestasi.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN