Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
IST

IST

5 Tips Cuan Maksimal Investasi Kripto saat Lebaran

Senin, 2 Mei 2022 | 21:00 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Momen lebaran biasanya membawa berkah bagi sisi keuangan karena adanya Tunjangan Hari Raya (THR). Pendapatan yang berlebih tersebut, jangan dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan saja, namun alangkah baiknya, jika disisihkan untuk investasi, termasuk aset kripto.

Investasi aset kripto sudah legal di Indonesia sejak tahun 2019 di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian perdagangan. Kripto pun tergolong aset komoditi, bukan mata uang sebagai alat pembayaran.

Momen lebaran yang mempererat silaturahmi dengan sanak saudara dan dengan adanya dana berlebih dari THR ternyata bisa memaksimalkan keuntungan atau cuan di investasi aset kripto. Bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini.

Baca juga: CEO Binance: Bitcoin Tidak Se-volatile Saham Tesla dan Apple dalam 2 Tahun Terakhir

1.Atur Dana Investasi

Sebagaimana memulai investasi, biasanya dibutuhkan tujuan dan strategi agar pengelolaan keuangan bisa seimbang. Banyak ahli menyarankan alokasi dana yang bersumber dari gaji atau THR, bisa disisikan sedikitnya 10-20%. Pastikan kamu sudah menyisihkan dana THR untuk kebutuhan Lebaran, bayar utang, sedekah dan lain-lainnya. Kamu bisa sisihkan dana investasi di awal, begitu menerima THR. Bijak dalam mengatur pengeluaran THR bisa menambah peluang kesejahteraan di masa depan.

2.Pilih Aset Kripto yang Tepat

Dalam investasi aset kripto, yang terpenting adalah meningkatkan skill kita sebagai investor. Dengan skill yang mumpuni, kita bisa mendapat keuntungan yang lebih banyak. Kamu harus mempelajari fundamental dari aset kripto yang ingin kamu beli. Jangan sembarang memilih karena aset kripto tersebut sedang hype dan atas rekomendasi orang lain.

Kamu bisa jadikan sumber berita dan orang lain di komunitas sebagai referensi, untuk membuat keputusan yang tepat sebelum memulai investasi kripto. Jangan FOMO atau fear of missing out. Ingat, tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, dan tak ada saran yang lebih baik daripada melakukan penelitian sendiri. Salah satu yang bisa dipelajari sebelum membeli aset adalah, pahami dulu utilitas dari kripto tersebut, bagaimana teknologinya, siapa pengembangnya, lihat roadmapnya, semua itu terangkum di whitepaper.

3.Lakukan Diversifikasi

Saran ini mungkin berlaku di semua instrumen investasi, tidak hanya kripto. Sebagai smart investor, kamu harus selalu melakukan diversifikasi aset dalam investasi. Diversifikasi ini jadi salah satu strategi untuk meminimalisir risiko dari investasi kita. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Itulah mengapa dalam dunia investasi dikenal dengan istilah don’t put your eggs in one basket. Gampangnya, kamu bisa investasikan uang kamu di beberapa aset kripto yang berbeda.

Baca juga: Pajak Kripto Dinilai Bisa Untungkan Investor

4.Lihat Peluang di Market Kripto

Investasi aset kripto kini sedang menarik perhatian banyak orang. Pertumbuhan jumlah investornya pun meningkat setiap tahunnya. Tercatat pertumbuhan investasi aset kripto telah mencapai 12,4 juta investor per Februari 2022. Padahal pada akhir tahun 2020, hanya ada sekitar 4 juta investor. Selain itu dari sisi nilai transaksinya tak main-main hingga Februari 2022 lalu, telah mencapai lebih dari sudah mencapai Rp 83,8 triliun.

Pasar kripto memunculkan peluang baru untuk investor mencari cuan. Kamu harus pandai melihat peluang baru, pasti memanfaatkannya dengan baik. Seperti situasi market yang sedang bearish bisa dimanfaatkan untuk memulai invstasi, karena harga aset kripto yang cenderung turun.

5.Ajak Kerabat Investasi Kripto

Lebaran identik dengan pulang kampung dan silaturahmi ke kerabat. Momen ini rupanya bisa membawa untung untuk kamu yang investasi aset kripto. Loh kok bisa? Ya, kamu bisa mengikuti program Rayakan Mudik Lebaran bersama Tokocrypto. Dalam program ini, kamu bisa ajak orang tua, mertua, kerabat, teman, pacar, gebetan dan lainnya untuk memulai investasi aset kripto. Berikan kode referral akun Tokocrypto kamu dan raih bonus senilai Rp 100.000 untuk setiap nasabah baru yang menggunakan kode dari kamu dan lolos KYC (Know Your Costumer).

 

 

 

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN