Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Green investment, Foto: Pixabay

Green investment, Foto: Pixabay

7 Manfaat Investasi Bagi Hidupmu, Sudah Mulai Belum?

Rabu, 22 Juni 2022 | 09:43 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Beberapa tahun belakangan ini, generasi muda semakin memiliki kesadaran akan pentingnya kondisi keuangan yang sehat, yang mana salah satunya melalui aktivitas investasi. Untuk kamu yang masih belum berinvestasi, simak 7 manfaat investasi berikut dilansir dari Pintu Academy.

1.Terhindar dari Inflasi

Pilihan untuk berinvestasi atau tidak memang ada di tangan kamu. Namun, kalau kamu tidak berinvestasi dan mengembangkan uang yang kamu miliki, maka tanpa sadar nilai uang kamu akan berkurang seiring waktu. Hal ini terjadi karena inflasi, yang menyebabkan nilai mata uang terus menurun, terjadi kenaikan harga barang dan penurunan daya beli masyarakat.

2. Kesempatan Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Saat ini, kebutuhan sehari-hari rasanya tidak ada habisnya, terus bertambah dan nilainya semakin tinggi. Kalau hanya mengandalkan dari penghasilan utama, bisa saja kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di sinilah pentingnya melakukan investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan investasi yang tepat, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif. Seolah-olah tanpa kerja, namun bisa mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Cek Yuk, 7 Jenis Investasi Online dan Cara Memulainya

3. Membantu Membangun Kesejahteraan

Berinvestasi akan membantumu membangun kesejahteraan ekonomi. Sebenarnya ini sudah jelas, tapi banyak orang yang masih belum menyadarinya. Bayangkan jika kamu memiliki uang Rp 100 juta dan menanamkan uang tersebut pada instrumen investasi dengan tingkat pengembalian sebesar 7% per tahun, kamu sudah bisa mendapatkan 7 juta per tahun tanpa perlu melakukan apa-apa.

4. Persiapan Masa Pensiun

Sudah pernah menghitung berapa biaya hidup yang kamu perlukan saat pensiun dan sudah tidak aktif bekerja lagi nanti? Jika kamu berpikir, “Ah, pensiun masih lama”, waktu bisa berjalan sangat cepat dan tiba-tiba masa pensiun sudah di depan mata.

5. Mempermudah Tercapainya Tujuan Finansial

Setiap orang pasti memiliki tujuan finansialnya sendiri-sendiri. Misalnya saja untuk mempersiapkan biaya pernikahan, menyekolahkan anak hingga ke jenjang pendidikan yang tinggi, dan lain sebagainya. Dengan nilai pengembalian yang kamu peroleh dari investasi, kamu bisa menggunakannya untuk mencapai berbagai tujuan finansial dalam hidup kamu.

Baca juga: Yuk, Atur Strategi Investasi saat Aset Kripto Bearish

6. Membuat Uang Bekerja Untukmu

Pernah merasa kalau uang kamu itu hanya “lewat saja” dan berakhir habis untuk membayar berbagai tagihan? Dengan investasi, uang kamu justru bisa menghasilkan lebih banyak uang untukmu. Dibandingkan hanya disimpan saja di rekening, investasi akan lebih menguntungkan. Investasi dengan risiko tinggi bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi. Sebaliknya, investasi dengan risiko rendah biasanya memberikan return yang lebih rendah pula.

7. Tidak Perlu Repot Bekerja Tambahan

Kalau orang mencari pekerjaan tambahan yang menguras waktu dan tenaga untuk mendapat penghasilan, kamu bisa mendapat penghasilan secara lebih mudah dari investasi. Meski ini juga sangat tergantung dengan jenis investasi yang kamu pilih. Misalnya antara investasi obligasi dan saham, tentu manfaat investasi obligasi berbeda dengan saham dilihat dari tingkat keuntungan dan risikonya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN