Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi. Foto: David Schwarzenberg (Pixabay)

Ilustrasi investasi. Foto: David Schwarzenberg (Pixabay)

Apa Arti OTC dalam Trading?

Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:01 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Dalam trading, apa pun jenis transaksinya, biasanya akan ada istilah OTC. OTC trading adalah istilah yang akan kamu temukan di trading berskala besar.

OTC trading adalah singkatan dari Over the Counter, yang mana mengacu pada perdagangan sekuritas di luar bursa, melainkan secara langsung antar pihak-pihak yang terlibat. Biasanya, proses ini akan difasilitasi oleh broker atau dealer yang terspesialisasi di bidang OTC.

Advertisement

Jenis instrumen investasi yang diperdagangkan dalam OTC sendiri bisa sangat beragam, mulai dari ekuitas, instrumen utang, dan derivatif.

Baca juga: Goldman Sachs Jadi Bank AS Pertama yang Pakai Kripto OTC untuk Transaksi

Dalam trading, ada beberapa kasus di mana sekuritas mungkin saja tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan di bursa dagang. Beberapa contoh bursa dagang adalah Bursa Efek Jakarta, Bursa Efek New York, dan lain sebagainya. Nah, karena tidak memenuhi syarat inilah, maka sekuritas semacam ini bisa diperdagangkan secara Over the Counter.

Sementara itu, beberapa kelebihan transaksi OTC pada umumnya adalah sebagai berikut, yakni menyediakan akses ke aset sekuritas yang tidak tersedia di exchange pada umumnya, regulasi OTC yang relatif lebih longgar memudahkan perusahaan yang tidak bisa atau tidak memilih untuk listing di exchange untuk masuk ke pasaran, dan rading OTC biasanya digunakan untuk transaksi sekuritas dengan biaya rendah, sehingga dimanfaatkan investor untuk memperoleh return yang signifikan.

Baca juga: OTC Selain ORI

Dikutip dari Pintu Academy, investor bisa melakukan OTC di aplikasi Pintu, di mana layanan OTC dikhususkan untuk transaksi dengan jumlah besar, yang membuatnya lebih personal dengan slippage minimum. Selain itu, tersedia juga layanan konsultasi 1-on-1 untuk membantu proses transaksi. Adapun, OTC trading adalah salah satu jenis transaksi trading yang melibatkan dana besar, sehingga keamanan dan sisi personal harus terjamin.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN