Menu
Sign in
@ Contact
Search
Monitor suku bunga di Digital Lounge Cimb Niaga di Jakarta, belum lama ini. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Monitor suku bunga di Digital Lounge Cimb Niaga di Jakarta, belum lama ini. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Bagaimana Pengaruh Suku Bunga Terhadap Investasi?

Selasa, 8 November 2022 | 15:46 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Suku bunga acuan adalah salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi performa dari aset investasi pada portofolio kamu. Mengapa demikian? 

Dikutip dari Pintu Academy, suku bunga adalah jumlah yang ditagihkan dari sejumlah dana pokok yang diberikan oleh pemberi pinjaman terhadap peminjam. Selain itu, suku bunga acuan juga dapat diartikan sebagai besaran dana yang didapatkan oleh bank atau badan kredit tertentu dari akun deposit.

Sementara itu, suku bunga acuan adalah suku bunga yang ditetapkan oleh badan otoritas tertentu yang nantinya akan menjadi referensi dari suku bunga kredit yang digunakan publik.

Dalam hal ini, terdapat dua jenis suku bunga, yaitu suku bunga acuan BI dan suku bunga acuan The Fed.

Baca juga: Suku Bunga Naik, Analis: Saham Properti dan Konstruksi Bisa Tertekan

BI Rate atau suku bunga acuan BI adalah suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia kepada publik dan mencerminkan sikap atau posisi kebijakan moneter dari Bank Indonesia. Suku bunga acuan Bank Indonesia ini akan diumumkan oleh DewanGubernur Bank Indonesia di setiap Rapat Dewan Gubernur Bulanan.

Suku Bunga Acuan The Fed

Di Indonesia terdapat suku bunga acuan BI. Sementara di US terdapat suku bunga acuan The Fed. Apa itu suku bunga acuan The Fed? Suku bunga acuan The Fed adalah suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Perubahan pada suku bunga The Fed biasanya akan turut mempengaruhi suku bunga acuan BI.

Baca juga: Mirae Asset Sekuritas : Ekonomi Indonesia Tetap Stabil, Meski Suku Bunga Tren Naik

Bagaimana Pengaruh Suku Bunga Terhadap Investasi?

Dalam berinvestasi, memahami hubungan suku bunga dengan investasi bisa membantu kamu memahami bagaimana perubahan suku bunga bisa memengaruhi investasi kamu, sehingga kamu bisa mempersiapkan strategimu berikutnya secara tepat.

Tingkat bunga yang memengaruhi pasar aset investasi adalah tingkat bunga yang dikenakan oleh lembaga penyimpanan, seperti bank, pinjam-meminjam dan perkreditan. Tingkat bunga ini sangat memengaruhi tingkat persentase tahunan kartu kredit, dan bisnis lainnya.

Investasi Ketika Suku Bunga Naik

Hubungan suku bunga dengan investasi saham adalah berbanding terbalik. Dalam hal ini, jika suku bunga naik, investasi akan cenderung menjadi lesu. Alasannya adalah karena ketika lembaga keuangan menaikkan suku bunga, maka akan berpengaruh pada hampir semua biaya pinjaman perusahaan dan konsumen dalam suatu perekonomian.

Baca juga: Pasar Kripto Kembali Tertekan Akibat Kenaikkan Suku Bunga The Fed

Ketika tingkat bunga untuk kartu kredit dan hipotek meningkat, maka jumlah uang yang bisa dibelanjakan oleh konsumen akan berkurang. Oleh karena konsumen masih harus membayar tagihan mereka, maka dapat mengakibatkan pendapatan rumah tangga menjadi lebih sedikit.

Ketika hal itu terjadi, maka konsumen hanya memiliki sedikit uang untuk anggaran lainnya, sehingga keuntungan bisnis pun menurun dan akan membebani pendapatan juga harga aset investasi, terutama saham.

Investasi Ketika Suku Bunga Turun

Sementara itu apabila suku bunga menurun, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Semakin rendah tingkat suku bunga, permintaan investasi akan semakin tinggi. Ketika ekonomi melambat, lembaga keuangan akan memangkas suku bunga untuk merangsang aktivitas keuangan.

Baca juga: Rupiah Melemah Usai Fed Naikkan Suku Bunga Acuan

Investor dan ekonom sama-sama memandang bahwa suku bunga yang rendah sebagai manfaat bagi pinjaman pribadi dan perusahaan yang membuat keuntungan lebih besar dan ekonomi yang lebih kuat.

Dengan suku bunga yang lebih rendah, konsumen akan lebih banyak membelanjakan uang mereka. Binsis akan menikmati kemampuan mereka dalam membiayai biaya operasi, akuisisi, dan ekspansi pada tingkat yang lebih murah, sehingga meningkatkan potensi pendapatan mereka di masa depan yang pada akhirnya menyebabkan harga aset investasi, terutama saham meningkat.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa itu suku bunga acuan dan bagaimana pengaruh suku bunga terhadap investasi. Cukup mudah dipahami, bukan?

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com