Menu
Sign in
@ Contact
Search
Investor memantau pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. (Ilustrasi/Ist)

Investor memantau pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. (Ilustrasi/Ist)

Begini Cara Biar Tak Beli Saham Kemahalan

Jumat, 23 Des 2022 | 13:14 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Investor pemula seringkali bingung saat akan membeli saham, khawatir saham yang akan dibeli kemahalan.

Sebenarnya ada cara untuk mengkalkulasi, apakah suatu saham itu kemahalan atau tidak. Akun Instagram resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), @indonesiastockexchange, mem-posting unggahan baru-baru ini yang mengulas tips untuk menghitung nilai suatu saham.

Baca juga: Kalau Sekuritas Tiba-tiba Tutup, Bagaimana Nasib Uang Investor?

Advertisement

Satu unggahan itu terdiri dari beberapa gambar yang menjelaskan cara biar gak beli saham kemahalan. Pada gambar kedua berisi informasi yang intinya menjelaskan bahwa sebelum membeli saham, hal utama yang harus dilakukan yaitu menghitung nilai intrinsik atau valuasi perusahaannya.

Di gambar ke-3 dan 4 disebutkan, ada dua cara menghitungan valuasi perusahaan. Pertama, relative valuation, yakni membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis dan berada dalam industri yang sama. Metode yang digunakan adalah earnings per share (EPS), price to book value (PBV), price to sales ratio (P/S), dan price to cash flow ratio (P/CF).

Kedua, absolute valution, yakni menghitung nilai intrinsik saham menggunakan data fundamentalnya. Metode yang digunakan adalah dividend discount model, discounted cash flow model, dan residual income model.

Pada gambar ke-5 diterangkan, setelah menentukan valuasi, pilih perusahaan yang valuasinya masih wajar. Perusahaan seperti itu cocok untuk meminimalisir risiko investasi.

Baca juga: Sarana Menara (TOWR) Borong Saham Pemilik 5.000 Mesin ATM, Begini Rencana ke Depannya

Dalam gambar ke-6 dijelaskan bahwa perusahaan yang harga sahamnya lebih tinggi dari valuasinya bukan berarti tidak baik. Tapi, memiliki risiko investasi yang lebih tinggi juga.

“Nah, kalau udah tau berapa nilai intrinsik perusahaannya, jadi lebih mudah deh pilih saham yang cocok buat kamu,” tertulis di caption unggahan akun Instagram BEI itu dikutip Jumat (23/12/2022).

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com