Menu
Sign in
@ Contact
Search
PanenSAHAM Edukasi Investor Pemula di Padang dan Bukittinggi

PanenSAHAM Edukasi Investor Pemula di Padang dan Bukittinggi

PanenSAHAM Edukasi Investor Pemula di Padang dan Bukittinggi

Minggu, 25 Des 2022 | 05:07 WIB
Kunradus Aliandu (kunradus@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang saat ini banyak dipilih oleh para investor, baik pemula maupun yang sudah profesional, dari berbagai usia terutama kaum milenial. Hal ini dikarenakan investasi saham dinilai dapat memberikan penghasilan tambahan untuk membantu dan mencukupi kebutuhan para investor. Terbukti, jumlah investor di pasar modal terus meningkat pesat.

CEO PanenSAHAM Sekuritas Indonesia Anthony mengatakan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan investor terutama investor pemula sebelum membeli saham, diantaranya adalah mengetahui profil risiko, menentukan tujuan investasi, dan menentukan jumlah investasi.

Baca juga: Mengapa Investor Wajib Memahami Analisis Teknikal Saham?

Di dalam menentukan perusahaan mana yang ingin dijadikan pilihan investasi, kata dia, perlu juga untuk mengetahui terlebih dahulu fundamental dari perusahaan, mencari atau meminta nasihat kepada pialang, broker atau investor profesional, serta memahami analisis teknikal atau fundamental saham. “Karena dalam berinvestasi, analisis fundamental sangat berpengaruh dalam memperbesar keuntungan.

Advertisement

Analisis fundamental sendiri merupakan proses mengumpulkan dan mengolah informasi yang ada untuk mengukur nilai intrinsik sekuritas dengan cara memeriksa faktor finansial serta keuangan yang terkait dengan emiten yang terdaftar di bursa saham,”kata dia.

Top-down approach merupakan salah satu pendekatan yang seringkali digunakan dalam proses analisis fundamental saham. Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara memeriksa kondisi makro, sektoral, dan mikro perusahaan secara kualitatif dan kuantitatif.

Analisis fundamental saham banyak digunakan oleh investor yang memilih investasi jangka panjang dan swing atau position trader.“Dalam memilih transaksi saham yang cocok, analisis fundamental saham dapat dijadikan sebagai salah satu acuan untuk dapat memilih perusahaan yang tepat. Selain itu, analisis fundamental juga dapat membantu investor dalam memprediksi waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari saham, mengetahui nilai wajar dari saham, hingga memutuskan pembelian atau penjualan saham tanpa stres yang berlebih,”ungkap dia.

Dari data-data yang diperoleh melalui analisis fundamental saham tersebut, nantinya diketahui saham apa saja yang tepat dengan tingkat prediksi keuntungan yang tinggi. Oleh sebab itu, analisis fundamental berperan penting dalam probabilitas kesuksesan ketika berinvestasi saham.

“Melihat pentingnya memilih saham yang tepat tersebut, PanenSAHAM Sekuritas Indonesia bermitra dengan Mandiri Sekuritas, berupaya memberikan pemahaman kepada para investor di seluruh Indonesia dengan menggelar edukasi saham yang digelar secara gratis,”papar dia.

Anthony berkomitmen untuk dapat menyebarluaskan pengalaman serta informasi mengenai investasi saham kepada banyak investor agar mampu sukses dalam berinvestasi."Kalau Anda sudah dewasa di pasar modal, Anda tidak akan tertarik lagi dengan teknikal analisis, tapi lebih memperhatikan fundamental analisis,” kata Anthony.

Kalkulator Pintar

Anthony bercerita baru saja menggelar edukasi saham pada 17-18 Desember 2022 di Bukittinggi dan Kota Padang dengan tema “Dengan Mudah, Anda Bisa Memulai Investasi Saham” dan “Cara Memilih Saham Yang Tepat Serta Analisanya”. Dalam edukasi gratis yang diikuti oleh 40 peserta tersebut, para peserta juga mempelajari MONIKA yakni kalkulator pintar dari PanenSAHAM yang dapat memudahkan investor pasar modal untuk mengambil keputusan secara mandiri untuk menjual ataupun membeli saham.

Tak hanya itu saja, para peserta juga akan mendapatkan paket MONIKA gratis selama 3 bulan, merchandise berupa notebook, hingga pulpen untuk pembukaan rekening saham perdana.

"Edukasi ini membuat saya mengerti manfaat dan segera ingin memulai investasi saham. Semoga edukasi seperti ini sering diadakan agar masyarakat luas semakin paham manfaat dari berinvestasi saham," kata Rahman Arahim (27), salah satu peserta edukasi di Bukittinggi.Hal yang sama juga diungkapkan pesera lainnya. "Edukasi saham bersama Pak Anthony manfaatnya sangat terasa buat saya pribadi,” Ujar Cindy (23) yang juga salah satu peserta di Bukittinggi.

Editor : Kunradus Aliandu (kunradu@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com