Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi aset kripto FC Barcelona Fan Token (BAR).

Ilustrasi aset kripto FC Barcelona Fan Token (BAR).

Apa itu Fan Token dan Contohnya?

Kamis, 29 Des 2022 | 13:58 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Dikutip dari Pintu Academy, secara harafiah, arti fan token adalah token penggemar. Aset digital ini memang ditujukan untuk para penggemar dunia olahraga, khususnya fans tim sepak bola. Berbeda dengan NFT, fan token bersifat ‘fungible’ atau dapat dipertukarkan layaknya seperti uang fiat.

Fan token sendiri biasanya bisa dipertukarkan dengan merchandise klub olaharga, akses VIP klub, dan masih banyak lagi. Oleh karena itulah, aset ini memainkan peran penting dalam mempererat anggota komunitas klub dan klub yang mereka idolakan.

Baca juga: Prediksi Pasar Aset Kripto pada 2023, Bagaimana ETH dan BTC?

Sejarah dan Asal Mula Fan Token

Advertisement

Seorang fans sejati memiliki kebutuhan untuk merasa dekat dan terlibat dengan idola kesayangannya, mulai dari mendukung mereka dalam pertandingan, menebak siapa yang memenangkan pertandingan, hingga memilih desain baju utama tim.

Kebutuhan tersebut juga berlaku pada anggota komunitas klub olahraga. Oleh karena itu, sebuah tim membutuhkan sistem yang aman untuk berinteraksi dengan penggemarnya. Di sinilah, fan token tercipta untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Fan token dibuat dalam jumlah terbatas untuk dimiliki oleh para penggemar sejati saja.

Fan token memungkinkan dilakukannya pencatatan pemungutan suara yang aman dan dapat diverifikasi sehingga tim dan para penggemar tidak perlu mengkhawatirkan adanya kesalahan ataupun kecurangan dalam interaksi ini.

Baca juga: Januari 2023, KunciCoin Bakal Bakar Aset Kripto Rp 15 T

Contoh Fan Token

Terdapat berbagai platform yang mewadahi jual beli fan token. Bekerjasama dengan berbagai klub sepakbola seperti Arsenal, Paris Saint-Germain, FC Barcelona, Juventus, Atlético Madrid, Manchester City, dan lain-lain, platform tersebut mewadahi kebutuhan jual beli dari para penggemar sepakbola di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa contoh fan token list yang populer di kalangan suporter tim sepak bola.

$ACM

Seperti namanya, $ACM adalah fan token milik klub sepak bola Italia, AC Milan yang memungkinkan para penggemar klub sepakbola AC MIlan untuk ikut terlibat dalam pengambilan keputusan dalam klub tersebut.

$INTER

Sementara itu, $INTER fan token adalah milik klub sepak bola Inter Milan. Beberapa keistimewaan yang bisa didapatkan dari pemegang Inter Fan token adalah ikut terlibat dalam pengambilan keputusan tim, mengakses fitur-fitur VIP hingga mendapatkan produk official dari klub tersebut.

$BAR

$BAR adalah FC Barcelona fan token, yang mana seperti namanya merupakan fan token milik klub sepak bola Barcelona. Beberapa kelebihan yang bisa dirasakan pemegang $BAR fan token adalah akses VIP ke pertandingan Home League, Cup hingga Liga Eropa. Fan Token Asal Indonesia

Baru-baru ini klub sepak bola asal Indonesia, yaitu Persib Bandung juga mengumumkan proyek fan token mereka. Fan token lokal asal Indonesia dari Persib dikenal dengan nama $PERSIB.

Baca juga: The Fed Pertahankan Kenaikan Suku Bunga, Ini Pengaruhnya pada Pasar Kripto

Fungsi Fan Token

Sebenarnya, fungsi dan manfaat fan token ini pun sangat beragam, tergantung dari kebijakan dari klub sepak bola yang mengeluarkan token tersebut.

Beberapa contoh fungsi fan token adalah sebagai berikut.

●          Salah satu fungsi fan token adalah memberi hak kepada pemiliknya untuk memberikan suara pada jajak pendapat tim secara resmi. Suara tersebut berguna untuk membantu tim membuat keputusan tertentu yang terkait dengan para penggemar.

●          Pemegang token juga mendapatkan keuntungan berupa sejumlah fasilitas penggemar yang sifatnya eksklusif, misalnya hadiah dan merchandise VIP, akses khusus ke komunitas penggemar hingga berbagai acara resmi klub.

Bisa dikatakan, fan token adalah pintu emas bagi penggemar. Pemegang token memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan tim. Inilah yang membuat fan token menarik banyak minat para penggemar.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com