Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam acara Literasi Keuangan Goes to Campus yang merupakan kerjasama Majalah Investor dengan OJK, Institut Pertanian Bogor, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Danareksa Investment Management, Kamis (15/10).

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam acara Literasi Keuangan Goes to Campus yang merupakan kerjasama Majalah Investor dengan OJK, Institut Pertanian Bogor, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Danareksa Investment Management, Kamis (15/10).

Siapkan Dana Darurat dengan Berinvestasi Sejak Dini

Jumat, 16 Oktober 2020 | 10:11 WIB
Parina Theodora

Jakarta – Pandemi tidak hanya mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan tubuh namun juga menjaga kesehatan keuangan. Data menyebutkan penyebaran Covid-19 ini yang meluas, meningkatkan angka penganguran dunia. Bahkan negara maju seperti Amerika Serikat, sebagian besar warganya turut mengalami masalah keuangan pribadi.

Dalam acara Literasi Keuangan Goes to Campus yang merupakan kerja sama Majalah Investor dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Danareksa Investment Management dan Institut Pertanian Bogor, Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan, selama pandemi ini banyak masyarakat tidak memiliki tabungan khusus untuk dana darurat.

“Oleh karena itu, literasi ini menjadi program prioritas OJK, terutama generasi milenial ini. Milenial merupakan generasi penerus bangsa. Pada 2019, 1 dari 4 penduduk Indonesia adalah milenial atau mencapai 64,19 juta,” papar Tirta Segara.

Ia menambahkan, terdapat 28% keluarga yang hanya bertahan seminggu jika kehilangan pendapatan utamanya. Begitupun dengan persiapan dana darurat. Menurutnya karena milenial memiliki prinsip you only live once, milenial tidak punya dana darurat.

Data dari Indonesia Milenial Report 2019 menyebutkan, milenial indonesia yang menyisihkan dana dari pendapatan untuk investasi hanya sebesar 2% dari populasi milenial, sehingga tantangan besar keuangan milenial Indonesia.

Executive Vice President Wealth Management Division PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Tina Meilina menambahkan dana darurat perlu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dalam tiga sampai enam bulan ke depan terutama dalam kondisi seperti ini. Tina pun menyampaikan rumus praktis dalam mengatur keuangan bagi milenial.

“Caranya mudah, siapkan 40% dari pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% dari anggaran untuk kebutuhan utang, misalnya membayar KPR atau biaya pendidikan, 20% dari anggaran untuk investasi dan asuransi, sisanya 10% dari anggaran untuk kebutuhan sosial, seperti zakat,” tutur Tina.

Menurut Tina, banyak pandangan keliru soal investasi di kalangan milenial. Anggapan bahwa investasi itu menyeramkan dan mahal adalah salah. Tina menjelaskan investasi itu mudah dan sebenarnya murah. “Untuk milenial ada produk ORI atau obligasi ritel pemerintah yang bisa dibeli minimum Rp 1 juta bagi yang sudah punya KTP dan ada reksa dana yang bisa dibeli minimum Rp 100 ribu,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga menekannya pentingnya disiplin investasi. Oleh karena itu, investor juga perlu mengaktifkan fasilitas auto debit agar investasi dilakukan secara regular tiap bulan.

Ditambahkan Direktur Utama PT Danareksa Investment Management Marsangap P Tamba, investasi reguler sangat penting untuk meredam fluktuasi harga pada instrumen investasi. “Sehingga penting investasi secara reguler. Dalam reksa dana dalam satu produk bisa dapatkan beberapa instrumen investasi sekaligus sperti obligasi dan saham. Ini merupakan salah satu wujud diversifikasi,” ujar Marsangap.

 

Editor : Parina Theodora (theo_olla@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN