Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seorang sukarelawan sedang diberikan vaksin virus corona (Coronavirus Efficacy /COVE) Moderna mRNA-1273, di Detroit, Michigan pada 5 Agustus 2020. ( Foto: Henry Ford Health System / AFP )

Seorang sukarelawan sedang diberikan vaksin virus corona (Coronavirus Efficacy /COVE) Moderna mRNA-1273, di Detroit, Michigan pada 5 Agustus 2020. ( Foto: Henry Ford Health System / AFP )

Moderna Siapkan Peluncuran Global Vaksin Covid

Jumat, 30 Oktober 2020 | 07:27 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

CAMBRIDGE, investor.id – Moderna menyiapkan peluncuran global kandidat vaksin virus coronanya, setelah mengambil deposit US$ 1,1 miliar dari negara-negara yang menantikan kehadiran obat virus corona Covid-19 itu.

Dalam laporan keuangan kuartal III yang dirilis Kamis (29/10), perusahaan bioteknologi berbasis di kota Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) itu menyatakan pihaknya terus bekerja sama dengan inisiatif COVAX yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Tentang proposal penetapan harga berjenjang untuk kandidat vaksin. Untuk sementara, Moderna menamai vaksinnya mRNA-1273.

Moderna menyatakan sudah memiliki perjanjian suplai di Amerika Utara, Timur Tengah, dan sejumlah kawasan lain.

“Kami mempersiapkan peluncuran mRNA-1273 dan sudah menandatangani sejumlah perjanjian pasokan dengan beberapa pemerintah di seluruh dunia,” ujar CEO Moderna Stephane Bancel, dalam siaran pers yang dilansir CNBC.

Ia menambahkan bahwa Moderna berkomitmen menegakkan standar kualitas data tertinggi dan riset ilmu pengetahuan yang ketat serta terus bekerja sama dengan para regulator untuk mendorong mRNA-1273.

Moderna saat ini menjadi yang terdepan dalam perlombaan vaksin Covid-19. Moderna pekan lalu menyatakan sudah menyelesaikan pendaftaran untuk 30.000 relawan uji tahap akhir. Hingga pekan lalu, sudah lebih dari 25.650 relawan menerima dua dosis yang kedua vaksin Covid-19.

Moderna menyebutkan sekitar 37% relawan berasal dari lapisan masyarakat berbeda dan 42% berisiko tinggi terinfeksi penyakit tersebut.

Sebanyak 53% relawannya adalah laki-laki dan 47% perempuan. Sebagian besar relawan berusia 25% dan hanya 5% yang berada di kelompok usia 18-24 tahun.

Dalam telekonferensi dengan para investor, Kamis, Bancel memperkirakan dewan pemantauan keselamatan dan data selaku penilai berhasil tidaknya uji tahap akhir tersebut, bakalan melakukan analisis interim pertama pada November 2020. Dewan tersebut tidak akan melakukan analis sampai ada 53 kasus positif Covid-19 di uji tahap ketiga.

Vaksin Moderna, yang dikembangkan bersama National Institutes of Health, mengandung unsur genetik yang disebut pembawa pesan RNA atau mRNA. Yang diharapkan oleh para ilmuwan akan memicu sistem imun memerangi virus tersebut.

Pada Agustus 2020, Moderna mengumumkan rentang harga US$ 32-US$ 27 per dosis vaksin bagi sebagian konsumen. Pihaknya masih dalam diskusi untuk perjanjian pembelian dalam volume besar, yang akan membuat harganya lebih rendah.

Moderna pada Kamis menyatakan bahwa vaksinnya harus disimpan dalam suhu minus 4 derajat Fahrenheit supaya dapat bertahan hingga enam bulan. Sebagai perbandingan, vaksin Pfizer membutuhkan suhu tempat penyimpanan minus 94 derajat Fahrenheit.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN