Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wakil Menteri untuk Amerika Utara dari Kementerian Luar Negeri Meksiko Jesus Seade sekaligus tim juru runding untuk negosiasi perdagangan antara Amerika Serikat-Kanada-Meksiko, saat berbicara selama konferensi pers di Mexico City pada 30 Mei 2019. (Foto oleh AFP)

Wakil Menteri untuk Amerika Utara dari Kementerian Luar Negeri Meksiko Jesus Seade sekaligus tim juru runding untuk negosiasi perdagangan antara Amerika Serikat-Kanada-Meksiko, saat berbicara selama konferensi pers di Mexico City pada 30 Mei 2019. (Foto oleh AFP)

Meksiko Optimistis Perjanjian Pengganti NAFTA Selesai Pekan Depan

Happy Amanda Amalia, Senin, 2 Desember 2019 | 11:32 WIB

OTTAWA, investor.id – Wakil Menteri untuk Amerika Utara dari Kementerian Luar Negeri Meksiko Jesus Seade mengaku optimistis tapi tetap hati-hati dalam penyelesaian pakta perdagangan Amerika Utara yang baru pekan depan. Pernyataan itu disampaikan usai bertemu Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Ottawa pada Jumat (29/11).

“Jika amandemen itu dapat diterima dan telah dipernaiki, tidak ada alasan mengapa kita tidak harus berjabat tangan pekan depan pada Perjanjian AS-Meksiko-Kanada (USMCA),” ujar Seade yang memimpin tim negosiasi dari Meksiko.

Ada pun pertemuannya dengan Trudeau dan Wakil Perdana Menteri Kanada Chrystia Freeland sengaja difokuskan pada perubahan-perubahan perjanjian tersebut, juga kesepakatan-kesepakatan tambahan yang diminta oleh Amerika Serikat.

Tim juru runding dari Amerika Serikat (AS), Meksiko dan Kanada sendiri telah menandatangani kesepakatan baru pada tahun lalu untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) 1994, tetapi hanya Meksiko yang meratifikasi perjanjian itu.

Sebelumnya, anggota pembuat undang-undang (UU) atau dewan legislatif dari Demokrat di Washington DC., dan perwakilan buruh AS telah mengungkapkan keprihatinan mereka soal perjanjian baru. Mereka meminta jaminan yang lebih kuat bahwa UU ketenagakerjaan baru Meksiko akan ditegakkan, di luar isu-isu lainnya.

Ada pun penambahan atau perubahan pakta dapat dilakukan dalam bentuk surat atau adendum tambahan.

“Dengan kedisplinan penuh, legislator di masing-masing negara (bisa meratifikasi perjanjian) pada akhir tahun. Tetapi, jika ada sesuatu yang rumit yang perlu didiskusikan, serta harus kembali ke legislator Demokrat (AS) dan semuanya, maka itu bisa memakan lebih banyak waktu dan (masuk) ke tahun depan,” tambah Seade.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi menyampaikan pada Senin (25/11) bahwa perjanjian itu ada “dalam jangkauan” dan pada awal bulan ini, dia telah mengatakan sangat ingin menyetujui kesepakatan itu pada tahun ini.

Bahkan pada awal bulan ini dia menyatakan ingin perjanjian disetujui tahun ini.

Sementara itu, Trudeau mengatakan pada awal pertemuan Jumat bahwa “kita tahu masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan.”

Seade pun menyampaikan permintaan Pelosi untuk mengerjakan ulang perjanjian di bidang tenaga kerja, lingkungan, penyelesaian perselisihan dan obat-obatan adalah “pandangan yang sahih.”

Namun, garis merah untuk Meksiko mungkin ada pada penegakan hukum. “Kami tidak akan menerima inspektur yang bertindak sendiri tanpa persertujuan di pabrik-pabrik Meksiko,” katanya.

Sedangkan, Kanada mengatakan akan meratifikasi perjanjian tersebut dengan Amerika Serikat. (afp/pya)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA