Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat berkampanye

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat berkampanye "Keep America Great" di BB&T Center in Sunrise, Florida pada 26 November 2019. ( Foto: AFP / MANDEL NGAN )

Trump Didukung Penuh Pebisnis AS

Iwan Subarkah Nurdiawan, Selasa, 3 Desember 2019 | 13:49 WIB

WASHINGTON, investor.id – Enampuluh persen pemilik usaha kecil mendukung cara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjalankan tugasnya sebagai presiden. Tingkat dukungan pebisnis AS itu adalah yang tertinggi sejak survei dari CNBC dan SurveyMonkey dilakukan secara kuartalan pada 2017.

Para pengusaha kecil di AS dikenal biasanya sebagai kelompok yang condong konservatif. Selama hampir tiga tahun survei tersebut berjalan, tingkat dukungan terhadap Trump tidak pernah di bawah 51%. Pada kuartal III 2019, tingkat dukungan terhadap Trump naik dari 57% menjadi 60%.

Dari 60% yang mendukung kinerja Trump selaku presiden, 39% sangat mendukungnya. Tapi sebanyak 40% pengusaha kecil tidak mendukung kinerja presiden.

Lalu sebanyak 93% pengusaha dari kubu Republik menyetujui Trump. Sedangkan dari kubu Demokrat sebesar 86%. Sedangkan di antara kelompok independen, tingkat dukungan terhadap Trump sebanyak 87% berbaning 62%.

Survei triwulan empat 2019 oleh CNBC-Survey Monkey tersebut untuk mengukur indeks kepercayaan pengusaha kecil dan dilakukan sepanjang 12-18 November 2019. Respondennya mencapai 2.081 pengusaha kecil.

Naiknya dukungan terhadap Trump bersamaan dengan kenaikan indeks keyakinan pengusaha kecil menurut CNBC-Survey Monkey. Sebanyak 24% pemilik usaha kecil mengharapkan sisi perdagangan berdampak positif terhadap bisnisnya sepanjang tahun depan. Tingkat keoptimisan tersebut naik dibandingkan 16% pada survei kuartal III.

Sementara 35% yang menyetujui kinerja Trump memperkirakan perdagangan berdampak positif terhadap bisnisnya di tahun depan.

Para pendukung Trump juga menyebut pemeriksaan pemakzulan terhadap Trump bakal berdampak pada bisnisnya.

“Dibandingkan Demokrat, Republik bakal mengantisipasi konsekuensi-konsekuensi dari pemakzulan terhadap bisnisnya. Bukan hanya karena memandang hal itu sebagai pengalihan politis agar rakyat tidak mengupayakan perubahan-perubahan riil kebijakan. Maupun karena mereka terus mengantisipasi dan khawatir bila Trump tida terpilih lagi,” ujar Laura Wronski, peneliti senior SurveyMonkey. (sumber lain/afp)


 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA