Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kantor pusat Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt am Main, Jerman barat, pada 12 Maret 2020. ( Foto: Daniel Roland / AFP  )

Kantor pusat Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt am Main, Jerman barat, pada 12 Maret 2020. ( Foto: Daniel Roland / AFP )

BUMEE

Peran Bank Sentral dalam Perubahan Iklim

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:55 WIB
Iwan Subarkah (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

BANK-bank sentral utama di dunia dipandang sebagai penyelamat ekonomi global pada krisis finansial 2008 dan pada masa pandemi Covid-19. Bagaimana dengan peran mereka dalam mengatasi perubahan iklim?
Awal mula keterlibatan bank sentral dalam aksi iklim, menurut AFP, adalah pidato gubernur Bank of England (BoE) ketika itu, Mark Carney, pada 2015 yang bertajuk “Memutus Tragedi di Ufuk – Perubahan Iklim dan Stabilitas Finansial”.
Walau tidak terlibat langsung, bank-bank sentral dunia harus menyadari dampaknya terhadap ekonomi dan sistem finansial. Hal nyata yang sudah dilakukan adalah melakukan uji ketahanan iklim.

ECB
Bank Sentral Eropa (ECB) baru saja meluncurkan inisiatif uji ketahanan iklim. ECB juga memasukkan risiko iklim ketika membeli obligasi korporasi atau ketika hendak menerimanya sebagai kolateral. Preferensinya adalah perusahaan-perusahaan yang tidak terlibat dalam aktivitas-aktivitas yang menimbulkan polusi.

Bank of France
Bank sentral Prancis pada Mei 2021 telah menguji sembilan grup perbankan dan 15 perusahaan asuransi. Hasilnya menunjukkan risiko moderat.

PBoC
Bank sentral Tiongkok juga sedang mempertimbangkan uji ketahanan iklim. PBoC diperkirakan sebelum akhir tahun mengumumkan program pembelian kembali aset-aset yang rendah risiko iklimnya.

BoE
Bank sentral Inggris ini mulai melakukan uji ketahanan iklim pada Juni 2021. Bank yang sudah diuji antara lain HSBC dan Barclays.

BoJ
Bank sentral Jepang pada Juni 2021 menawarkan pendanaan dengan bunga nol persen kepada lembaga-lembaga yang mendanai proyek-proyek lingkungan. BoJ juga akan membeli obligasi hijau dalam denominasi asing.

The Fed
Gubernur bank sentral Amerika Serikat (AS) Jerome Powell pada Juni mengatakan, perubahan iklim belum menjadi pertimbangan langsung dalam menentukan kebijakan moneter. Tapi, kata dia, The Fed tetap memasukkan risiko finansial terkait iklim dalam penentuan kebijakan.

Sistem Finansial Hijau
Di samping itu, banyak bank sentral yang sudah beragbung ke dalam Network of Central Banks and Supervisors for Greening the Financial System (NGFS). Anggotanya sekarang sudah mencakup 95 bank sentral dan regulator. Termasuk dari Tiongkok, India, dan Brasil. (afp/sn)

 

Editor : Iwan Subarkah (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN