Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
AS-Tiongkok. Foto ilustrasi: IST

AS-Tiongkok. Foto ilustrasi: IST

RAPAT UMUM TAHUNAN IATA

Perang Dagang AS-Tiongkok Turunkan Laba Maskapai

Happy Amanda Amalia, Senin, 3 Juni 2019 | 23:57 WIB

SEOUL – Asosiasi Transportasi Udara Internasional atau International Air Transport Association (IATA) menyampaikan perolehan laba maskapai-maskapai penerbangan pada tahun ini akan mengalami penurunan akibat perang dagang Amerika Serikat (AS)- Tiongkok yang intensif dan kenaikan harga bahan bakar.

Peringatan tersebut disampaikan dalam Rapat Umum Tahunan IATA di Seoul, Korea Selatan (Korsel), pada Minggu (2/6). Dalam rapat juga diungkapkan, laba bersih kolektif 2019 diperkirakan hanya mencapai US$ 28 miliar, atau turun dari laporan perkiraan US$ 35,5 miliar yang dirilis pada Desember tahun lalu.

Menurut IATA, prospek suram itu disebabkan kenaikan biaya di seluruh maskapai penerbangan, termasuk tenaga kerja, bahan bakar dan infrastruktur. Hal tersebut diperparah dengan perang perdagangan yang memburuk antara kedua Negara adidaya.

“Melemahnya perdagangan global kemungkinan akan berlanjut jika perang perdagangan AS-Tiongkok semakin intensif, yang mana secara khusus berdampak pada bisnis kargo. Namun, lalu lintas penumpang juga bisa terkena dampak ketika ketegangan meningkat,” ujar Chief Executive Officer (CEO ) IATA Alexandre de Juniac, Minggu

Menurut laporan, dua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia itu telah terjebak dalam perang dagang, sejak tahun lalu. Kedua Negara saling balas menerapkan tarif pada barang-barang bernilai ratusan miliar dan menyebabkan pasar dilanda krisis.

Baca selengkapnya di https://subscribe.investor.id/

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN