Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rahayu Saraswati. Foto: youtube

Rahayu Saraswati. Foto: youtube

Rahayu Saraswati: Y20 Berbeda dengan Platform Lain

Sabtu, 14 Mei 2022 | 08:47 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Co-chair Y20 Rahayu Saraswati mengatakan Youth 20 (Y20) selalu menjadi ajang yang menarik untuk pemuda. Pasalnya, Y20 berbeda dengan platform yang lain karena pertemuan para delegasi dari berbagai negara ini harus mencapai  musyawarah mufakat.

Ia menuturkan mencapai kesepakatan untuk sebuah isu bukan hal mudah, karena semua delegasi memiliki cara pandang berbeda untuk sebuah isu tergantung permasalahan dialami negaranya.

“Bisa dibayangkan, misalnya ada negara yang menggunakan dengan kop 26 dengan standar harus seperti ini, sedangkan ada negara- negara yang di-kop 21 mereka enggak dukung. Jadi di dalam dialog itu,  harus mencari kata-kata yang bisa  disepakati oleh semua anggota delegasi masing-masing negara,” ujarnya  dalam acara Lunch Talk dengan tema; “ Y20: Kiprah Pemuda Dalam G20” disiarkan oleh  Beritasatu News Channel, Jumat (13/5/2022).

Selain itu, lanjut dia, standar dan kualitas delegasi   Y20 ini sangat luar biasa karena delegasi dari masing-masing negara  akan terlibat diplomasi internasional untuk mencapai mufakat dalam setiap isu prioritas.

Untuk itu, agar tidak kalah dari negara lain, Sara menuturkan pemuda Indonesia yang menjadi delegasi merupakan pemuda terbaik yang telah lolos seleksi rekrutmen. Mereka memiliki kemampuan yang setara dengan pemuda dari negara lain.

Sebagaimana diketahui, Y20 merupakan forum dialog resmi pemuda dalam presidensi G20 Indonesia. Pasalnya, presidensi G20 tahun ini, Indonesia tidak hanya  akan menjadi tuan rumah bagi pertemuan pemerintah  dari negara-negara anggota  G20 serta negara undangan lainnya.

Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi serangkaian pertemuan kelompok-kelompok  keterlibatan  pemerintah, termasuk Y20. Adapun Y20 ini diselenggarakan oleh Indonesian Youth Diplomacy (IYD) yang  mendapat kepercayaan dari  pemerintah  menjadi penyelenggara Y20 Indonesia. 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN