Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto yang diambil pada 11 Agustus 2020 menunjukkan logo aplikasi video TikTok, asal Tiongkok, yang terlihat di sisi ruang kantor baru perusahaan, di kampus C3, di Culver City, sebelah barat Los Angeles, Amerika Serikat (AS). ( Foto: CHRIS DELMAS / AFP )

Foto yang diambil pada 11 Agustus 2020 menunjukkan logo aplikasi video TikTok, asal Tiongkok, yang terlihat di sisi ruang kantor baru perusahaan, di kampus C3, di Culver City, sebelah barat Los Angeles, Amerika Serikat (AS). ( Foto: CHRIS DELMAS / AFP )

TikTok Diprediksi Tumbuh Makin Besar

Rabu, 16 September 2020 | 07:49 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

LONDON, investor.id — TikTok mengumumkan jumlah pengguna aktif bulanannya di Eropa tembus 100 juta. Jumlahnya dapat terus tumbuh secara masif dalam tahun-tahun mendatang.

Menurut Matthew Brennan, analis media sosial yang berbasis di Tiongkok, mengatakan kepada CNBC pada Selasa (15/9) bahwa pesatnya pertumbuhan pengguna Douyin, versi TikTok di Tiongkok, adalah penunjuk bagi pertumbuhan TikTok di wilayah-wilayah lain.

Douyin dan TikTok sama-sama dimiliki oleh ByteDance, perusahaan Tiongkok yang berbasis di Beijing. Dalam beberapa pekan terakhir, ByteDance merilis angka-angka pengguna, yang menunjukkan bahwa kedua aplikasi tersebut semakin populer.

Pada Selasa, Douyin menyatakan jumlah pengguna aktif hariannya menembus 600 juta pada Agustus 2020. Sehari sebelum itu, TikTok mengumumkan jumlah pengguna aktif bulanannya di Eropa tembus 100 juta. Dan bulan lalu, TikTok juga menembus 100 juta pengguna aktif bulanan di Amerika Serikat (AS).

Lambat tapi pasti, ByteDance menunjukkan sangat banyak jumlah pengguna aplikasi berbagi video ini di setiap wilayah dunia.

Menurut Brennan, Tiongkok memimpin dua tahun di depan AS dan Eropa dalam hal aplikasi video pendek.

“Pertanyaan besarnya adalah akan seberapa tinggi. Kapan penggunaan TikTok dan Douyin akan mencapai puncaknya? Jika Tiongkok saja belum mencapai batas atas, artinya TikTok paling tidak dua hingga tiga tahun lagi akan tumbuh kuat,” kata dia.

Brennan merujuk pada Douyin yang mencapai pengguna aktif harian sebanyak 200 juta pada 2018. “Sekarang sudah 600 juta, ini menjadi penunjuk bagi potensi pertumbuhan TikTok di Eropa dan AS pada 2020-2022. Yang sudah kelihatan masih belum apa-apa, malahan baru mulai,” kata Brennan.

TikTok saat ini sudah menjadi ancaman bagi para raksasa media sosial AS. Karena perusahaan-perusahaan mulai menggelontorkan belanja iklannya di TikTok, alih-alih di Facebook, Instagram, dan Snap.

Timothy Armoo, CEO Fanbytes, perusahaan yang membantu perusahaan-perusahaan beriklan di video sosial, mengatakan bahwa kesuksesan TikTok sejauh ini karena fokus pada personalisasi setinggi-tingginya. Juga pada algoritmanya, yang mana setiap pengguna merasa bahwa aplikasi ini dicocokkan bagi mereka.

“Menurut saya jumlah 200 juta tak lama lagi tercapai,” ujar Armoo, tentang kemungkinan jumlah penggunanya di Eropa akan mencapai angka tersebut.

Di seluruh dunia, TikTok sudah diunduh lebih dari dua miliar kali. Datanya disampaikan oleh perusahaan pelacak aplikasi Sensor Tower. Tapi masa depan TikTok dibayangi ketidakpastian karena pemerintah di seluruh dunia mempertanyakan keterkaitannya dengan Partai Komunis Tiongkok.

TikTok sudah dilarang di India, yang merupakan pasar terbesarnya dari sisi pengguna. TikTok juga berpotensi segera dilarang di AS, setelah pemerintahan Presiden Donald Trump mengganggapnya ancaman terhadap keamanan nasional. Dan Trump tidak menyukai bentuk kesepakatan yang mungkin dicapai oleh TikTok dengan raksasa peranti lunak AS, Oracle. 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN