Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Dewan Eropa Charles Michel (kiri) dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson (kanan) memberikan konferensi pers bersama di Stockholm, Swedia pada 25 Mei 2022. (FOTO: Fredrik SANDBERG / TT NEWS AGENCY / AFP)

Presiden Dewan Eropa Charles Michel (kiri) dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson (kanan) memberikan konferensi pers bersama di Stockholm, Swedia pada 25 Mei 2022. (FOTO: Fredrik SANDBERG / TT NEWS AGENCY / AFP)

Presiden Dewan Eropa Yakin UE Segera Sepakati Embargo Minyak Rusia

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:30 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

STOCKHOLM, investor.id – Presiden Dewan Eropa Charles Michel menyatakan keyakinannya bahwa Uni Eropa (UE) akan mencapai kesepakatan tentang embargo minyak Rusia menjelang konferensi tingkat tinggi (KTT) Eropa minggu depan, meskipun ada tentangan dari pemerintah Hongaria.

Michel mengatakan bahwa para pemimpin Eropa bekerja sangat keras untuk menemukan resolusi. Ia menambahkan bahwa dirinya telah memiliki banyak kontak mengenai masalah tersebut.

Baca juga: Ferdinand Marcos Jr Jadi Presiden Filipina, Disambut dengan Demonstrasi

“Saya masih yakin bahwa kami dapat menyelesaikan topik itu sebelum pertemuan Dewan Eropa (di Brussel pada Senin dan Selasa 30-31 Mei 2022),” kata Michel dalam konferensi pers bersama di Stockholm, Swedia dengan Perdana Menteri (PM) Swedia Magdalena Andersson pada Rabu (25/5).

Pemerintah Hongaria belum diyakinkan untuk mendukung embargo UE terhadap minyak Rusia. Membawa pembahasan ini ke KTT Eropa pekan depan akan sia-sia, kata Perdana Menteri Viktor Orban kepada Michel awal pekan ini dalam sebuah surat yang dilihat oleh AFP.

“Melihat beratnya masalah yang masih terbuka, sangat tidak mungkin solusi komprehensif dapat ditemukan sebelum pertemuan khusus Dewan Eropa pada 30-31 Mei,” tulis Orban dalam suratnya, tertanggal Senin (23/5).

“Saya yakin bahwa membahas paket sanksi di tingkat pemimpin tanpa adanya konsensus akan menjadi kontraproduktif,” kata Orban.

Michel mengatakan pada Rabu bahwa dia bersikap realistis. “Saya tahu bahwa ada kesulitan (tetapi akan) mengusulkan beberapa solusi yang mungkin,” jawabnya.

Beberapa sumber diplomatik telah memperingatkan bahwa para pemimpin UE mungkin akan membahas masalah ini di KTT Brussel, Belgia untuk mencapai kesepakatan politik. UE akan membuka blokir pembicaraan teknis yang sedang berlangsung antara pemerintah Hongaria dan Komisi Eropa.

Baca juga: TotalEnergies Beli 50% Saham Perusahaan Energi Terbarukan AS Clearway

Orban, yang kerap berpendapat lain dalam pengambilan keputusan UE, telah mengguncang persatuan blok itu dalam perang di Ukraina karena menentang embargo minyak Rusia.

Hongaria yang terkurung daratan bergantung pada minyak Rusia dari satu jalur pipa. Orban menegaskan bahwa paket keenam sanksi UE yang diusulkan terhadap Rusia akan berdampak buruk pada ekonomi negaranya.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

BAGIKAN