Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Komunikasi

Ilustrasi Komunikasi

Apa Itu Ilmu Komunikasi dan Seluk-Beluknya yang Super Seru!  

Jumat, 13 Mei 2022 | 22:57 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)


JAKARTA, investor.id - Jurusan Ilmu Komunikasi kerap menjadi primadona, karena punya banyak peminat dari generasi muda saat ini. Apakah kamu salah satunya? Maka tidak heran jika jurusan ini hampir selalu ada di setiap kampus di Indonesia.

Pada dasarnya, Ilmu Komunikasi sendiri merupakan induk dari beberapa ilmu turunannya seperti Jurnalistik, Public Relation (Hubungan Masyarakat), Komunikasi Pemasaran, Advertising (Periklanan), Penyiaran, Desain Komunikasi Visual, Performing Arts Communication, dan sebagainya.

Maka dari itu, saat kamu masuk ke prodi Ilmu Komunikasi, biasanya kamu akan diarahkan untuk mengambil peminatan.

Bagi kamu yang penasaran tentang pada program studi Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar terlebih dahulu tentang bagaimana proses komunikasi atau penyampaian pesan, bisa menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju.

Ilmu Komunikasi yang akan kamu pelajari pun sangat luas, sebab dalam kehidupan sehari-hari, tak lepas dengan berbicara. Itu merupakan salah satu bagian vital dari komunikasi.

Bentuk komunikasi juga banyak bentuknya, tidak hanya berbicara, gambar dan tulisan pun juga merupakan bentuk komunikasi. Oleh karena itu, kamu akan belajar bagaimana cara menyampaikan pesan yang efektif.

Mitos tentang jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi memang terkenal sangat cocok bagi orang yang suka berbicara. Namun bagaimana untuk seorang introvert?

Bagi kamu yang introvert dan tidak terlalu suka berbicara, bukan berarti tidak cocok jadi anak komunikasi. Di jurusan ini, kemampuan berbicaramu akan terasah dengan sendirinya.

Mata kuliah yang ditemui nantinya akan menuntut kamu untuk mempresentasikan tugas-tugas yang diberikan. Selama minimal satu minggu sekali, kamu akan bertemu dengan yang namanya presentasi. Dari sanalah, kamu akan terbiasa untuk berbicara di depan umum.

Jika kamu siap mengambil jurusan ilmu komunikasi maka kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu komunikasi. Pada perkuliahan tahun pertama, kamu masih akan diajarkan mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi dan Sosiologi Komunikasi.

Jika kamu mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, ada berbagai skill yang dapat pelajari, seperti public speaking yang merupakan salah satu kemampuan dasar wajib untuk kamu pelajari.

Public speaking sendiri merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik, sehingga pendengar bisa memahami perkataan yang diucapkan. Tidak hanya berbicara, di dalam public speaking, kamu juga akan belajar tentang gestur tubuh.

Selain itu, untuk yang lebih hard skill, kamu akan belajar cara menulis berita yang baik, skill videografi, fotografi, hingga desain grafis. Begitu banyak banget ilmu baru yang akan berguna untuk kamu di masa depan. Ilmu ini tidak hanya berguna di dunia kerja, tetapi juga di kehidupan sehari-hari.

Teori dan praktik

Ketika siap memilih jurusan Ilmu Komunikasi, kamu tidak hanya mempelajari teori, namun juga ada praktik. Di jurusan Ilmu Komunikasi, ada berbagai ruang lingkup praktikum yang bisa diikuti, seperti praktik di stasiun TV, radio ataupun di media cetak.

Menjadi anak komunikasi, artinya kamu akan dituntut untuk selalu kreatif. Hampir setiap mata kuliah, mewajibkan kamu untuk menghasilkan ide-ide kreatif dalam waktu yang relatif singkat. Menulis berita, membuat film, mendesain sampul produk dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa ikut mempersiapkan beragam event keren. Sebagai mahasiswa, kamu biasanya akan dituntut untuk menjadi perencana dan mengeksekusi event. Bentuknya juga beragam, bisa film pendek, program televisi, dan sebagainya.

Ini merupakan peluang untuk kamu mencari networking (relasi) yang akan berguna di dunia kerja nantinya.

Peluang kerja terbuka luas

Peluang kerja lulusan jurusan Ilmu Komunikasi ,sangatlah terbuka lebar. Melihat bidang ilmunya yang luas dan pesatnya perkembangan media di Indonesia, maka peluang karier bagi para lulusannyapun sangat terbuka lebar. Salah satu lapangan kerja utama bagi para lulusan jurusan Komunikasi adalah di dunia media seperti, media online, cetak maupun elektronik.

Tak hanya itu, hampir di semua perusahaan membutuhkan anak Komunikasi. Kamu bisa menjadi humas atau PR di perusahaan swasta atau di pemerintahan, menjadi seorang pengamat media, jurnalis, pengamat komunikasi politik, penulis, content creator, dan masih banyak lagi. Asal kamu punya skill dan pengetahuan yang baik, dijamin kamu nggak akan susah cari kerja.

Seru banget ‘kan jadi anak Komunikasi? Makin nggak sabar untuk bisa belajar di Jurusan Ilmu Komunikasi? Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, kamu dapat kuliah di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Di Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI, juga menyediakan jurusan lain, selain Ilmu Komunikasi (S1). Ada Sastra Inggris (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Bahasa Inggris (D3), Hubungan Masyarakat (D3), Penyiaran (D3) dan Periklanan (D3).

Universitas BSI sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB). Kampus ini sudah membuka PMB untuk perkuliahan periode September 2022. PMB Universitas BSI saat ini, sudah masuk pada gelombang 3 dan akan berakhir pada 7 Juni 2022 mendatang.

Untuk pendaftaran, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di PlayStore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN