Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP) .

PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP) .

Investor Asing Dikabarkan Masuk, Saham AHAP Menuju Rp 200

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:12 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Harga saham PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP) disebut-sebut menuju level Rp 200 dalam waktu dekat, seiring kabar yang menyebutkan perusahaan asuransi besar di Asia tertarik masuk dengan membeli saham baru (rights issue) perseroan.

Seorang sumber Investor Daily menyebutkan, ketertarikan investor asing tersebut didasarkan potensi pertumbuhan pasar asuransi yang masih besar di Indonesia dan perseroan didukung konglomerasi maupun grup besar.

Baca juga: Melesat 118%, Bagaimana Gerak Saham Asuransi Harta (AHAP) Jelang HMETD?

“Kabar tersebut mendorong sejumlah bandar mulai mengoleksi saham AHAP dalam beberapa hari terakhir, sebelum akhirnya dikerek menuju level Rp 200 dalam waktu dekat,” ujarnya di Jakarta.

Tidak hanya itu, menurut dia, sentimen pelaksanaan penawaran umum terbatas IV dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) menjadi sentimen positif terhadap pergerakan harga saham perseroan. Asuransi Harta akan melaksanakan HMETD sebanyak 1,96 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp 50 per saham, sehingga total dana yang bakal diraup mencapai Rp 98 miliar.

Jumlah saham yang ditawarkan setara dengan 40% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Sedangkan rasio HMETD mencapai 3:2, yaitu setiap pemegang 3 saham lama AHAP berhak mendatakan 2 HMETD. Manajemen juga menjadwalkan tanggal Cum HMETD di pasar negosiasi dan reguler pada 27 Juli 2022 dan periode perdagangan HMETD pada 2-8 Agustus 2022.

Prospektus tersebut juga menyebutkan bahwa PT Asuransi Central Asia akan mengeksekusi seluruh HMETD dengan jumlah 1,21 miliar saham. Pembayaran dilakukan dengan mengonversi pinjaman subordinasi Rp 25 miliar dan sisanya Rp 35,9 miliar akan disetorkan dengan tunai.

Saat ini, Asuransi Central Asia bertindak sebagai pemegang 62,15% saham AHAP. Namun apabila pemegang saham lainnya tidak mengeksekusi haknya, kepemilikan Asuransi Central Asia berpotensi naik menjadi 73,29% saham AHAP setelah HMETD. Sedangkan pemegang saham lainnya akan terdilusi.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com