Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pemerintah Fasilitasi Sertifikasi Ekolabel Perikanan

Kamis, 15 Mei 2014 | 18:12 WIB
Anis Rifatul Ummah

MANADO-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memfasilitasi industri perikanan dalam negeri untuk mendapatkan sertifikasi ekolabel Marine Stewardship Council (MSC).

"Ekspor beberapa jenis ikan ke pasar internasional khususnya Eropa harus menggunakan ekolabel atau sertifikat MSC, karenanya menjadi komitmen kami memfasilitasi guna memperoleh pengakuan mutu tersebut," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saut Hutagalung, di Manado, Kamis.

Untuk mendapatkan sertifikasi MSC, kata Saut pemerintah Indonesia bekerja sama dengan WWF.

Sertifikat MSC tersebut untuk ekspor komoditas tuna mata besar, tuna sirip kuning, cakalang, kerapu, kakap merah dan rajungan.

Selain itu, Indonesia juga dalam proses mendapatkan sertifikat MSC untuk perikanan pole and line di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta handline kedua samudera tersebut.

Saut mengatakan Seafood Savers yang memiliki tujuan untuk membantu dan memfasilitasi industri pengolahan atau eksportir perikanan untuk memenuhi standar MSC.

Untuk itu, katanya, Seafood Savers bekerja sama dengan Ditjen P2HP, KKP, DKP DKI Jakarta, Sumatera Utara dan Jawa Timur akan mengadakan bisnis forum tentang Fishering Improvement Program (FIP).

"Industri perikanan tuna masih memiliki prospek pengembangan yang cukup baik, sepanjang memperhatikan pengelolaan perikanan tuna yang berkelanjutan karena itu pemerintah akan membantu industri perikanan dalam hal sertifikasi ekolabel.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN