Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata (kiri) saat menarik SKKL Echo ke darat di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat (Foto: Investor Daily/Eman)

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata (kiri) saat menarik SKKL Echo ke darat di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat (Foto: Investor Daily/Eman)

XL Axiata Targetkan SKKL Echo Rampung pada 2023

Rabu, 22 Juni 2022 | 16:30 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

KARAWANG,investor.id- Operator telekomunikasi XL Axiata menjalin kolaborasi dengan Meta dan Google untuk membangun proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Echo. SKKL yang menghubungkan California, Amerika Serikat (AS)-Indonesia-Singapura ini diatergetkan rampung pada 2023.

“SKKL Echo dibangun secara bersama oleh Meta, Google, dan XL Axiata. Pembangunan proyek ini mulai dikerjakan sejak 2021 dan direncanakan akan selesai pada 2023,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

baca juga: Menkominfo Dorong Konsolidasi Tata Kelola SKKL

Saat ini, SKKL Echo telah tiba di Indonesia. Kehadiran SKKL Echo ditandai dengan kehadiran Golden Buoy yang ditarik ke darat, tepatnya di Tanjung Pakis.

Penyerahan Golden Buoy SKKL Echo di Tanjung Pakis juga menandai dimulainya pemasangan SKKL Echo di Indonesia sepanjang kurang lebih 4.000 km, dari total seluruhnya sepanjang 15.000 km.

“Pantai Tanjung Pakis dipilih sebagai landing point di Indonesia ke arah Singapore dan California, United States of America (USA),” ujar Gede.

Baca juga: XL Axiata Perkuat Layanan Internet di Batam dan Bintan

Gede berharap proyek ini akan tuntas dan akan bisa mulai beroperasi pada kuartal III 2023. Menurut Gede, pihaknya sangat menantikan manfaat dari SKKL Echo ini untuk meningkatkan kualitas layanan internet.

“Keberadaan SKKL ini sekaligus akan menambah koneksi internet ke jaringan global, dan akan memperkuat lagi koneksi melalui SKKL-SKKL yang selama ini sudah XL Axiata miliki,” ungkap Gede.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN