Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Foto: Perseroan.

PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Foto: Perseroan.

Entitas Usaha Adaro Energy (ADRO) Raih Pinjaman US$ 300 Juta untuk Ekspansi Usaha

Jumat, 28 Januari 2022 | 12:34 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Entitas usaha dari PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Adaro Indonesia memberikan pinjaman sebesar US$ 300 juta kepada PT Alam Tri Abadi. Pemberian pinjaman ini untuk mendukung investasi dan aksi korporasi Alam Tri Abadi.

Berdasarkan keterbukaan informasi pada Jumat, (28/1), Adaro Energy berencana untuk melakukan ekspansi dan diversifikasi bisnis di luar bisnis tambang batu bara. Pasalnya, hal ini akan memberikan portofolio bisnis yang lebih seimbang serta memberikan perlindungan kepada perseroan karena bisnis batu bara yang sangat siklikal.

Baca juga: Gelar RUPSLB, Adaro Energy (ADRO) akan Ganti Manajemen dan Nama Perusahaan

"Oleh karena itu, Adaro Energy melalui Alam Tri Abadi mendapatkan pinjaman dari Adaro Indonesia untuk dapat merealisasikan rencana pertumbuhan dengan Adaro Energy bisa secara langsung memberikan komitmen investasi," ujar manajemen.

Adapun pinjaman ini memiliki jangka waktu hingga 31 Desember 2028 dengan tingkat bunga 3,42%. Dengan adanya pinjaman afiliasi ini, jangka waktu dan proses peminjaman jadi lebih efisien dibandingkan dengan pihak ketiga. Pasalnya, kondisi Adaro Energy sebagai holding perusahaan memiliki tantangan tersendiri untuk memperoleh pendanaan denagn jumlah besar.

Baca juga: Kurs Ditetapkan, Total Dividen Adaro Energy (ADRO) Hampir Rp 5 Triliun

"Oleh karena itu, perjanjian pinjaman ini akan membantu perseroan dalam mengeksekusi dan memformulasikan strategi pertumbuhan grup. Sementara bagi Adaro Indonesia, perjanjian pinjaman ini akan memberikan pendapatan bunga yang lebih baik jika dibandingkan dengan penempatan pada deposito," kata manajemen.

Sementara itu, Adaro Energy adalah induk usaha dari Alam Tri Abadi dengan kepemilikan 99,99%. Sedangkan Adaro Indonesia adalah anak usaha dari Alam Tri Abadi dengan kepemilikan 54,11%.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN