Menu
Sign in
@ Contact
Search
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dengan National Cancer Centre Singapore (NCCS) SingHealth di Conference Room, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Sabtu (26/11/2022).

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dengan National Cancer Centre Singapore (NCCS) SingHealth di Conference Room, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Sabtu (26/11/2022).

Siloam Hospital Dorong Kesadaran Deteksi Risiko Kanker Sejak Dini

Sabtu, 26 Nov 2022 | 14:05 WIB
Ichsan Ali/Mario (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Risiko kanker bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Karena itu penting bagi setiap orang untuk melakukan deteksi dini atas risiko tersebut. 

Hal itu ditegaskan Hospital Director MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. Adityawati Ganggaiswari.  "Deteksi dini  penting  karena kerap ditemukan pasien kanker telah menunjukkan stadium tinggi saat ke rumah sakit," tegas  dr. Adityawati Ganggaiswar,  usai penandatangan perjanjian kerja sama dengan National Cancer Centre Singapore (NCCS) SingHealth di Conference Room, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Sabtu (26/11/2022).

Adityawati menekankan, pentingnya screening dan early detection untuk menjadi program kesehatan pemerintah. Ia membandingkan dengan negara tetangga, Singapura, yang  telah sangat maju  dalam hal deteksi  dini penyakit kanker.

"Singapura negara yang sudah jauh lebih maju, screening dan early detection sudah berjalan. Tapi di Indonesia itu belum menjadi program, even program pemerintah belum. Sehingga kasus-kasus di Indonesia itu banyak ditemukan sudah stadium yang lebih tinggi," ujarnya. 

Advertisement

Ia menambahkan, sangat bijak bila setiap orang bisa mendeteksi risiko kanker  sejak stadium awal. Dengan demikian, proses pengobatan bisa berjalan dengan baik,  sebab kanker punya sifat untuk kambuh kembali. 

Hal senada juga diungkapkan, CEO National Cancer Centre Singapore, William Hwang.  Menurutnya, deteksi dini kanker melalui skrining  sangat penting. "Skrining kanker merupakan suatu hal yang penting, misalnya kanker payudara saat deteksi dini melalui skrining keberhasilannya sekitar 90 persen. Jika tanpa skrining atau telat maka keberhasilannya hanya 60 persen," ungkap Hwang.

Pada kesempatan yang sama, Deputy President Director Siloam Hospitals, Caroline Riady mengatakan, penandatangan perjanjian kerja sama  dengan National Cancer Centre Singapore (NCCS) SingHealth  bertujuan memajukan perkembangan studi onkologi antar kedua negara. Seperti diketahui, MRCCC Siloam Hospitals merupakan salah satu unit usaha dari PT Siloam International Hospital Tbk (SILO). 

"Dengan perkembangan yang luar biasa di bidang onkologi ini kami merasa bahwa kalau MRCCC akan mengikuti perkembangan di bidang onkologi, memberikan terapi dan manajemen di bidang onkologi yang terbaik. Kami harus berpartner dengan yang lebih canggih lagi yaitu NCCS," ungkap Caroline.

National Cancer Centre Singapore (NCCS) SingHealth telah memiliki pengalaman dan reputasi untuk perkembangan di bidang onkologi. "Mereka pun akan mengirimkan tim dari Singapura untuk belajar ke kita juga, jadi cross. Karena di Indonesia ini kan kasusnya banyak, jadi itu kasus yang NCCS butuhkan untuk bisa belajar dari Indonesia. Jadi hebat ya kita belajar dari Singapura, Singapura juga belajar dari Indonesia," jelas Caroline.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com