Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kontainer pengiriman terlihat di Pelabuhan Keelung, Taiwan. (FOTO: Sam Yeh / AFP / Getty Images)

Kontainer pengiriman terlihat di Pelabuhan Keelung, Taiwan. (FOTO: Sam Yeh / AFP / Getty Images)

Perdagangan Taiwan dengan Tiongkok Jauh Lebih Besar dari AS

Jumat, 5 Agustus 2022 | 17:20 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

BEIJING, investor.id – Taiwan lebih mengandalkan Tiongkok untuk perdagangan daripada dengan Amerika Serikat (AS), menurut data resmi Taiwan, bahkan jika Ketua DPR AS Nancy Pelosi berada di Taiwan minggu ini dalam kunjungan profil tinggi.

Taiwan berada di bawah tekanan militer dan ekonomi dari Tiongkok, setelah pulau itu memiliki pemerintahan sendiri secara demokratis. Taiwan juga mengizinkan kunjungan Pelosi, pejabat tertinggi AS yang menginjakkan kaki di Taipei dalam 25 tahun.

Kunjungan itu dilakukan meskipun ada peringatan dari pemerintah Tiongkok, yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan menganggap pulau itu seharusnya tidak memiliki hak untuk melakukan hubungan luar negeri. AS mengakui Tiongkok sebagai satu-satunya pemerintah resmi negara tersebut, sambil mempertahankan hubungan tidak resmi dengan Taiwan.

Baca juga: Taiwan Kecam ‘Tetangga Jahat’ Tiongkok atas Latihan Perang

Namun, hubungan bisnis dan ekonomi Taiwan dengan daratan Tiongkok dan Hong Kong telah tumbuh begitu besar sehingga sejauh ini merupakan mitra dagang terbesar.

Banyak perusahaan besar Taiwan di industri teknologi tinggi seperti produsen chip terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), mengoperasikan pabrik di daratan Tiongkok.

Tahun lalu Tiongkok daratan dan Hong Kong memiliki 42% dari ekspor Taiwan, sementara AS memiliki pangsa 15%, menurut data resmi Taiwan yang dapat diakses melalui Wind Information.

Secara keseluruhan, Taiwan mengekspor barang senilai US$ 188,91 miliar ke Tiongkok daratan dan Hong Kong pada 2021. Lebih dari setengahnya adalah suku cadang elektronik, diikuti oleh peralatan optik, menurut Kementerian Keuangan Taiwan.

Ekspor Taiwan ke Asia Tenggara bahkan lebih besar daripada ekspor ke AS dengan nilai US$ 70,25 miliar di kawasan itu, dibandingkan US$ 65,7 miliar ke AS, menurut data.

Sebagai sumber impor Taiwan, Tiongkok daratan dan Hong Kong kembali menduduki peringkat pertama dengan pangsa 22%. AS hanya memiliki pangsa 10%, peringkat di belakang Jepang, Eropa, dan Asia Tenggara.

Perdagangan Tumbuh dengan Tiongkok Daratan

Dalam beberapa tahun terakhir, Taiwan telah membeli lebih banyak produk dari Tiongkok daratan, dan sebaliknya.

Selama lima tahun terakhir, impor Taiwan dari Tiongkok daratan telah melonjak sekitar 87% dibandingkan pertumbuhan impor dari AS sebesar 44%.

Ekspor Taiwan ke Tiongkok daratan tumbuh sebesar 71% antara 2016-2021. Namun ekspor ke AS hampir dua kali lipat, tumbuh sebesar 97%. Pembelian barang-barang Taiwan teratas AS termasuk mesin listrik, kendaraan, plastik, serta produk besi dan baja, menurut data pemerintah AS.

Banyak yang berbasis di Taiwan, seperti pemasok Apple Foxconn, mengoperasikan pabrik di daratan Tiongkok. Pada 2021, bisnis Taiwan menerima US$ 200,1 miliar dalam pesanan ekspor AS, menurut Layanan Penelitian Kongres AS.

Sebanding dengan Shanghai

Menurut sensus pada 2020, sekitar 157.900 orang dari Taiwan tinggal di Tiongkok daratan, penurunan sekitar 7% dibandingkan dekade sebelumnya.

Baca juga: Taiwan Kecam ‘Tetangga Jahat’ Tiongkok atas Latihan Perang

Seluruh pulau Taiwan adalah rumah bagi sekitar 23,6 juta penduduk pada 2020, sedikit di bawah populasi Shanghai yang mencapai 25 juta orang pada tahun yang sama.

Namun, ekonomi Taiwan lebih besar dari Shanghai, sekitar US$ 781,58 miliar versus US$ 680,31 miliar tahun lalu, menurut angka resmi.

Pada 2021, bagian Shanghai dari produk domestik bruto (PDB) Tiongkok daratan adalah 3,8%.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : CNBC

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com