Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tentara militer Taiwan menembakkan howitzer 155 inci selama latihan anti pendaratan langsung di daerah Pingtung, Taiwan selatan pada 9 Agustus 2022. (FOTO: Sam Yeh / AFP)

Tentara militer Taiwan menembakkan howitzer 155 inci selama latihan anti pendaratan langsung di daerah Pingtung, Taiwan selatan pada 9 Agustus 2022. (FOTO: Sam Yeh / AFP)

Taiwan Tuding Tiongkok Persiapkan Serangan

Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:56 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

Fenggang, investor.id – Pemerintah Taiwan mengadakan latihan artileri dimulai Selasa (9/8) yang mensimulasikan pertahanan terhadap serangan. Diplomat tinggi negara tersebut menuding Tiongkok sekarang bersiap untuk menyerang pulau itu setelah latihan perang besar-besaran Tiongkok selama berhari-hari.

Otoritas Tiongkok meluncurkan latihan udara dan laut terbesarnya di sekitar Taiwan pekan lalu, sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi. Ia menjadi pejabat tertinggi Amerika yang mengunjungi Taiwan, pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, dalam beberapa dekade terakhir.

Taiwan hidup di bawah ancaman serangan terus-menerus oleh pemerintah Tiongkok, yang memandang tetangganya sebagai bagian dari wilayah Tiongkok yang suatu hari akan direbut, jika perlu secara paksa.

Baca juga: Tiongkok Tetap Latihan Militer di Sekitar Taiwan, Tak Hiraukan Kritik

“Tiongkok telah menggunakan latihan dalam buku pedoman militernya untuk mempersiapkan serangan ke Taiwan,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Taiwan Joseph Wu pada konferensi pers di Taipei, Selasa. Ia menuduh pemerintah Tiongkok memanfaatkan kunjungan Pelosi sebagai dalih untuk aksi militer.

“Niat sebenarnya Tiongkok adalah untuk mengubah status quo di Selat Taiwan dan seluruh wilayah,” tukasnya.

Militer Tiongkok sebelumnya mengatakan bahwa latihan di Taiwan berlanjut Selasa dan melibatkan unit udara dan laut.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka sedang melakukan latihan di sekitar pulau. “Dengan fokus pada blokade bersama dan operasi dukungan bersama,” ungkapnya.

Latihan Taiwan dimulai di wilayah selatan Pingtung sekitar pukul 00.40 GMT dengan penembakan target suar dan artileri, berakhir kurang dari satu jam kemudian pada pukul 01.30 GMT, kata juru bicara Korps Angkatan Darat Kedelapan (EAC) Taiwan Lou Woei-jye.

Baca juga: Biden Sahkan Paket Bantuan Terbesar untuk Ukraina, Total US$ 9,8 Miliar

Tentara menembak dari howitzer yang diselipkan ke pantai, tersembunyi dari pandangan jalan yang mengarah ke tujuan pantai populer Kenting.

Latihan itu juga akan berlangsung Kamis (11/8), termasuk pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 howitzer, kata militer. Pada Senin (8/8), Lou mengatakan kepada AFP bahwa latihan tersebut telah dijadwalkan sebelumnya dan tidak menanggapi latihan Tiongkok.

Pulau itu secara rutin menggelar latihan militer yang mensimulasikan pertahanan melawan serangan Tiongkok. Bulan lalu pihaknya memraktikkan serangan balasan dari laut dalam operasi intersepsi bersama, sebagai bagian dari latihan tahunan terbesarnya.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com