Kamis, 30 Maret 2023

Pasar Otomotif Kembali Bergairah, Astra (ASII) Cetak Pertumbuhan Tertinggi pada 2022

Indah Handayani
14 Jan 2023 | 07:31 WIB
BAGIKAN
Jajaran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik yang siap dikirim ke pelanggan. (Foto: IST)
Jajaran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik yang siap dikirim ke pelanggan. (Foto: IST)

JAKARTA, investor.id – PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penjualan mobil sebanyak 574.198 unit sepanjang periode Januari-Desember 2022, meningkat 17,37% dibandingkan periode yang sama 2021 sebanyak 489.209 unit. Dengan angka tersebut, penjualan mobil Astra menguasai 55% pangsa pasar otomotif domestik.

Pertumbuhan penjualan mobil Astra itu memperlihatkan pasar otomotif domestik kembali bergairah. Terbukti, dibandingkan dengan total penjualan mobil nasional hingga Desember 2021 yang mencapai 887.202 unit, penjualan nasional hingga Desember 2022 naik 18,12% menjadi 1.048.040 unit.

Head of Corporate Communications Astra International (ASII) Boy Kelana Soebroto mengatakan, sepanjang tahun 2022, penjualan mobil Astra dan nasional mencatat pertumbuhan tertinggi sejak munculnya pandemi Covid-19 pada 2020. “Pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh semakin membaiknya roda perekonomian Indonesia serta meningkatnya daya beli masyarakat,” ungkap Boy dalam keterangan pers, Jumat (13/1/2023).

Boy menambahkan, sejumlah peluncuran model baru dan dukungan pemerintah juga menjadi faktor pendukung tingginya penjualan mobil pada tahun lalu. “Kami berharap pasar mobil pada tahun 2023 ini akan tetap positif di tengah isu pelemahan ekonomi global,” tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil oleh Astra sampai Desember 2022 mayoritas disumbang dari penjualan mobil merek Toyota dan Lexus dengan total keseluruhan mencapai 332.443 unit atau naik 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 296.740 unit.

Menyusul di bawah Toyota dan Lexus adalah mobil Daihatsu dengan penjualan mencapai 202.665 unit, kemudian Isuzu sebanyak 36.646 unit, lalu UD Trucks sebanyak 1.993 unit, dan Peugeot sebanyak 451 unit.

Dari sisi penjualan nasional, sepanjang 2022, penjualan non-Astra juga tidak kalah mentereng. Tercatat, penjualan mobil non-Astra sampai Desember 2022 sebanyak 473.842 unit, naik 19,05% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 397.993 unit.

Pesaing terdekat Astra adalah produk mobil dengan merek Mitsubishi yang juga konsisten mencetak penjualan mobil cukup besar. Sepanjang 2022, Mitsubishi menjual sebanyak 136.637 unit, mengekor di bawahnya Honda 131.280 unit, Suzuki 90.408 unit, Hyundai 31.966 unit, Wuling 29.989 unit, Nissan 2,413 unit, dan lainnya sebanyak 51.149 unit.

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Market 9 menit yang lalu

Perusahaan Properti Ini Berniat Go Public, Bidik Dana Hingga Rp 200 Miliar  

Perusahaan yang bergerak di bidang property & real estate, PT Samudra Raya Swagriya, berniat go public dengan membidik dana hingga Rp 200 M
Market 20 menit yang lalu

Terungkap! Rencana di Balik IPO Merdeka Battery (MBMA)

Merdeka Battery (MBMA) akan memiliki dukungan lebih kuat melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO)
Market 23 menit yang lalu

Top! Baru Masuk Bursa, Laba Pertamina Gethermal (PGEO) Melesat 50%

Laba bersih PGEO melesat hingga 50% sepanjang 2022, meski perseroan baru listing perdana di BEI tahun ini
Market 32 menit yang lalu

Amar Bank (AMAR) Resmi Terapkan Sistem Pembayaran BI-FAST

PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) resmi bergabung menjadi peserta sistem pembayaran BI-Fast Batch 6
Finance 38 menit yang lalu

PNM Boyong Penghargaan Digital Teknologi dan Inovasi

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memboyong penghargaan digital teknologi dan inovasi
Copyright © 2023 Investor.id