Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menkeu Sri Mulyani

Menkeu Sri Mulyani

Risiko Perekonomian Global Bergeser dari Pandemi ke Konflik Geopolitik

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:59 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, risiko perekonomian global bergeser dari pandemi Covid-19 ke nonpandemi, yakni ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina.

Peningkatan tensi global telah menyebabkan terganggunya rantai pasok global khususnya sisi suplai yang memberi pengaruh pada meningkatnya laju inflasi global.

"Lonjakan inflasi juga memaksa pengetatan kebijakan moneter. Kondisi ini berdampak pada stabilitas sistem keuangan dan juga stabilitas dari sektor keuangan seluruh dunia,"kata dia dalam webinar Literasi Keuangan Indonesia Terdepan, Jumat (12/8).

Ia mengatakan, ekonomi global masih terus bergerak sangat dinamis dan tidak mudah. Gangguan pada stabilitas keuangan global juga berdampak pada aliran modal asing keluar (capital outflow) dan meningkatnya indeks dolar AS (DYX).

Meski demikian, kondisi ekonomi domestik dinilainya cukup terjaga, yang tercermin dari data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh 5,44% (yoy) pada kuartal II-2022. Kinerja ekonomi ini ditopang oleh ekonomi domestik, konsumsi, investasi, dan eksternal serta permintaan ekspor yang meningkat.

Tak hanya itu, laju ekonomi meningkat pun mendorong penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia setelah megalami kenaikan sejak awal pandemi Covid-19.

"Tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia menurun lagi, pengangguran sebesar 5,83% dan tingkat kemiskinan turun dari 10% kembali ke single digit 9,54%. Dengan program pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 yang masih berlangsung di 2022 diharapkan ini dapat menjaga pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com