Menu
Sign in
@ Contact
Search
Aktivitas di perkebunan kelapa sawit PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI). (Foto: Perseroan)

Aktivitas di perkebunan kelapa sawit PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI). (Foto: Perseroan)

Nestle Stop Pembelian Minyak Sawit, Astra Agro (AALI) Bereaksi!

Jumat, 30 September 2022 | 22:38 WIB
Tri Listyarini (tri_listiyarini@investor.co.id) ,Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) menyatakan bahwa perusahaan sangat serius dalam menjalankan kebijakan keberlanjutan. Karena itu, tidak benar bahwa Astra Agro maupun anak usahanya melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum.

Astra Agro wajib patuh pada seluruh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. “Kami sangat serius menjalankan kebijakan keberlanjutan kami. Tidak benar bahwa Astra Agro maupun anak perusahaan di bawah Astra Agro melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum,” kata Senior Vice President Communication and Public Affairs Astra Agro Tofan Mahdi dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Nestlé Akan Berhenti Beli Minyak Sawit Astra Agro (AALI)

Keterangan tersebut untuk menanggapi pemberitaan yang beredar tentang kebijakan pemain besar, di antaranya Nestle, yang akan menghentikan pembelian minyak sawit dari emiten berkode saham AALI tersebut.

Menurut Tofan, Nestle maupun P&G, tidak menjadi pembeli (buyer) langsung dari produk yang dihasilkan oleh AALI. “Namun, mengingat mereka adalah pemain besar dunia, jadi pasti secara tidak langsung bisa saja membeli melalui buyer-buyer yang selama ini menjadi pelanggan langsung AALI,” jelas dia.

Kebijakan AALI selama ini adalah melakukan penjualan secara spot fisik harian dan menjual kepada pembeli dengan harga terbaik pada hari itu. Kebijakan ini merupakan praktik umum di bisnis komoditas, sehingga dampak langsung dari isu tersebut mestinya tidak material.

Baca juga: Astra Agro (AALI) Tabur Rp 497 Miliar di Kebun Sawit, untuk Apa?

Mengenai keluhan yang disampaikan, baik melalui open letter maupun oleh salah satu buyer AALI, adalah isu-isu lama yang secara pelaporan maupun pemberitaan diangkat kembali. Isu-isu tersebut sudah diklarifikasi melalui berbagai saluran komunikasi AALI tahun-tahun sebelumnya pada saat peristiwa tersebut terjadi.

“Isu yang terbaru yang ada dalam open letter maupun keluhan tersebut adalah penangkapan beberapa orang oleh pihak berwajib atas dugaan pencurian buah pada Maret 2022,” ujar Tofan.

Baca juga: Subholding Sawit PTPN Disiapkan IPO, Incar Dana hingga Rp 10 Triliun

Sementara itu, Communication and Investor Relations Manager Astra Agro Fenny Sofyan menambahkan, piahknya terus menerapkan praktik-praktik keberlanjutan dalam bisnisnya. Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) tersebut juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi Indonesia dan patuh pada hukum yang berlaku di Indonesia.

“Kami memastikan Astra Agro tetap menjalankan prinsip sustainability sebagaimana yang telah kami sampaikan dalam komitmen kami dan menjadi bagian dari rantai pasok industri sawit yang sustainable," kata Fenny Sofyan kepada Investor Daily.

Baca juga: Lama Tak Terdengar, Begini Update Bisnis Sawit Grup Bakrie (UNSP)

AALI telah memiliki izin hak guna usaha (HGU) di area operasi PT Mamuang dan memastikan tidak ada pelanggaran dalam menjalankan bisnisnya. "Kami telah memiliki HGU di area operasi PT Mamuang dan itu clear bahwa kami tidak melakukan pelanggaran hukum dalam menjalankan bisnis kami itu, ujar dia.

Terkait isu yang beredar, AALI sudah mengonfirmasi kepada stakeholder melalui mekanisme grievance dan berkomunikasi secara langsung. "Dengan komitmen kami terkait sustainability, kami telah berkomitmen menerapkan NDPE (No-deforestation, No-peat, and No-exploitation). Jadi dengan komitmen itu, perusahaan tidak mungkin berniat melakukan kriminalisasi," ujar Fenny.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com