Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberi keterangan pers terkait pencabutan larangan ekspor sementara CPO dan produk turunannya, Jumat (20/5/2022).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberi keterangan pers terkait pencabutan larangan ekspor sementara CPO dan produk turunannya, Jumat (20/5/2022).

Dukung Pengembangan Industri Sawit, Menko Airlangga Dorong Penambahan Pusat Studi Sawit

Jumat, 9 September 2022 | 14:22 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan industri kelapa sawit  telah berkontribusi  mengentaskan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja secara signifikan. Pemerintah juga terus melanjutkan upaya untuk mendorong industri sawit sebagai sektor strategis. 

Upaya tersebut perlu  dibarengi dengan dukungan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat. ”Saya mengharapkan adanya sebuah aksi kepedulian yang mengajak kita semua untuk bangga dan saling bekerja sama dalam mewujudkan agro industri sawit yang kuat dari hulu ke hilir, serta berani menghadapi berbagai tantangan dan hambatan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pernyataan resmi pada Jumat (9/9).

Salah satu bentuk dari partisipasi masyarakat tersebut ditunjukkan dengan pendirian Pusat Studi Sawit IPB University guna mengawal pengelolaan sawit di berbagai aspek secara berkelanjutan. Sebagai produsen sawit terbesar di dunia, Indonesia perlu memiliki pusat riset yang memadai dan dapat diandalkan untuk menjamin keberlanjutan dari komoditas unggulan kelapa sawit, sehingga pembangunan Pusat Studi Sawit diharapkan dapat dilakukan di berbagai kampus lainnya agar dapat dihasilkan rekomendasi kebijakan yang applicable terkait optimalisasi pengembangan sawit.

“Pusat Studi Sawit ini diharapkan mampu memberikan berbagai kajian sawit dari aspek sosial, ekonomi, dan juga lingkungan, tidak hanya di hulu tetapi harus juga di hilir, sehingga nilai tambah dari sawit benar-benar dapat dinikmati lebih luas,” ungkap Menko Airlangga.

Selain itu, partisipasi lain juga ditunjukkan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah melakukan penelitian terkait dengan penggunaan sawit untuk biodiesel. Hal tersebut diharapkan dapat diikuti oleh berbagai kampus lainnya guna mendukung upaya Pemerintah dalam mempertahankan kelestarian industri sawit sebagai komoditas unggulan yang mampu menjamin ketahanan pangan dan energi.

Airlangga juga turut menyampaikan apresiasi dan dukungan terkait peluncuran Buku “Sawit Untuk Negeri” sebagai wujud partisipasi dan dorongan dari pihak terkait bagi pengembangan sawit oleh pemerintah. “Saya mendukung publikasi Buku “Sawit untuk Negeri”, dimana buku ini secara umum menyampaikan ke para pembacanya bahwa sawit itu baik, dan berkontribusi sangat besar bagi perekonomian Indonesia, bahkan merupakan salah satu sektor yang masih mampu memberikan kontribusi bagi negara selama masa pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia,” tutur Airlangga. (ark)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com