Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Acara pengumuman Tokopedia dan GoPay Implementasikan QRIS di Warung Mitra Tokopedia. (IST)

Acara pengumuman Tokopedia dan GoPay Implementasikan QRIS di Warung Mitra Tokopedia. (IST)

Tokopedia dan GoPay Implementasikan QRIS di Warung Mitra

Kamis, 16 Desember 2021 | 21:50 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tokopedia dan GoPay, bagian dari Grup GoTo, meluncurkan sistem pembayaran nontunai QRIS yang menargetkan puluhan ribu warung di ekosistem Mitra Tokopedia di seluruh wilayah Indonesia.

Inisiatif tersebut dihadirkan untuk membantu warung-warung yang tergabung ke dalam Mitra Tokopedia serta para UMKM dalam bertransaksi, khususnya bertransaksi secara digital.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan,  inisiatif tersebut memungkinkan masyarakat berbelanja di warung tanpa uang tunai. Mereka cukup menggunakan scan QR code QRIS yang ada di warung untuk melakukan pembayaran.

“Melalui inisiatif ini, kami ingin mendukung terwujudnya cashless society dan inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia,” ujar Astri, dalam konferensi virtual, Kamis (16/12).

Dia juga berharap, langkah tersebut bisa mendorong kontribusi pegiat usaha tradisional terhadap pertumbuhan ekonomi digital sekaligus membantu perluasan jangkauan penggunaan QRIS dari Bank Indonesia. Tokopedia percaya bahwa kolaborasi merupakan kunci pemulihan negeri dari dampak pandemi Covid-19.

Asisten Gubernur Bank Indonesia/Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta pun mengapresiasi dukungan Grup GoTo atas kebijakan ‘Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025’.

“Sampai 10 Desember 2021, sudah terdapat lebih dari 13,6 juta merchant - 96% merupakan UMKM - yang tergabung dalam ekosistem QRIS,” tutur Filianingsih.

Karena itu, Bank Indonesia sangat menyambut baik kolaborasi bersama Tokopedia dan GoPay dalam memperluas penggunaan QRIS, terutama untuk UMKM di ekosistem Mitra Tokopedia. Langkah ini diyakininya akan berkontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Sementara itu, kolaborasi itu turut melengkapi inisiatif GoTo dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional lewat pembayaran nontunai. Sejak tahun 2019, GoPay telah mendigitalisasi merchant yang tergabung di dalam ekosistem GoTo melalui QRIS serta membantu masyarakat untuk dapat melakukan transaksi pembayaran dengan lebih efisien.

Head of Regulatory Affairs GoPay, Yogi Harsudiono menambahkan, keikutsertaan GoPay dalam penerapan QRIS telah memfasilitasi jutaan konsumen untuk dapat melakukan transaksi pembayaran di berbagai merchant, termasuk UMKM dengan lebih efisien.

“Kolaborasi bersama Tokopedia ini juga merupakan kelanjutan langkah dalam komitmen kami untuk mengakselerasi sistem pembayaran nontunai sekaligus mewujudkan inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia,” ucapnya.

Dampak ke UMKM

Manfaat kolaborasi tersebut pun telah dirasakan oleh pelaku UMKM di ekosistem Mitra Tokopedia. Salah satunya Dwi Ardiarini, pemilik Toko Dwi Pulsa, asal Bogor, Jawa Barat.

“Dengan hadirnya QRIS, saya merasa sangat dimudahkan dalam mengembangkan bisnis, meningkatkan transaksi, sekaligus kemampuan berjualan lebih praktis dan serba digital. Pelanggan saya pun dapat melakukan pembayaran nontunai secara mudah, aman, dan cepat,” kata Dwi.

Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah super ecosystem di mana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.

Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN